Pengaruh penyuluhan dengan menggunakan media phantom gigi terhadap pengetahuan cara menyikat gigi yang baik dan benar pada murid kelas I di MI Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya

Zahra, Putri (2025) Pengaruh penyuluhan dengan menggunakan media phantom gigi terhadap pengetahuan cara menyikat gigi yang baik dan benar pada murid kelas I di MI Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (965kB)
[img] Text (Motto)
2. motto, lembar persembahan (1).pdf

Download (384kB)
[img] Text (Abstrak)
3. abstrak.pdf

Download (560kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
4. kata pengantar.pdf

Download (472kB)
[img] Text (Daftar Isi)
5. daftar isi.pdf

Download (591kB)
[img] Text (BAB I)
6. Bab I.pdf

Download (629kB)
[img] Text (BAB II)
7. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
8. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
9. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
10. Bab V.pdf

Download (482kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
11. daftar pustaka.pdf

Download (546kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Masalah kebersihan gigi dan mulut masih menjadi tantangan utama pada anak usia sekolah dasar, terutama karena kurangnya pengetahuan tentang teknik menyikat gigi yang benar. Upaya edukasi melalui metode yang menarik dan interaktif diperlukan agar materi lebih mudah dipahami anak-anak. Tujuan: mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media phantom gigi terhadap peningkatan pengetahuan cara menyikat gigi yang baik dan benar pada murid kelas I di MI Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya. Metode: menggunakan desain pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 35 siswa kelas I yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan. Analisis data dilakukan dengan Uji Wilcoxon untuk melihat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Hasil: Hasil statistik diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Artinya menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pengetahuan siswa setelah diberikan penyuluhan menggunakan media phantom gigi. Kesimpulan: Penyuluhan kesehatan gigi menggunakan media phantom gigi dapat meningkatkan pengetahuan menyikat gigi pada anak usia sekolah dasar. Media ini layak digunakan sebagai alat bantu edukasi kesehatan gigi dalam kegiatan promosi kesehatan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamelia, Emma4030096601UNSPECIFIED
Thesis advisorKartika, Tita4021047601titakartikadewi21@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Phantom Gigi, Pengetahuan, Menyikat gigi, Murid Kelas I
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: PUTRI ZAHRA
Date Deposited: 03 Sep 2025 10:38
Last Modified: 03 Sep 2025 10:38
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

View Item View Item