Latifah, Lilis (2023) Hubungan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan gigi dengan kunjungan pasien di Klinik Pratama Kementerian Agama Jakarta. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
Text (COVER)
Lilis Latifah.25122029.pdf Download (1MB) |
|
Text (MOTTO)
MOTTO.pdf Download (101kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Download (116kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (30kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Masalah kesehatan merupakan masalah yang pokok bagi masyarakat. Kesehatan gigi merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. Klinik Pratama Kementerian Agama yang merupakan salah satu klinik yang ada di Jakarta yang memberikan pelayanan poliklinik gigi dan mulut. Data pasien yang berkunjung ke poliklinik gigi dan mulut di tahun 2022 sebanyak 1.440 orang. Masih banyak terdengar keluhan dari pasien tentang pelayanan yang diberikan mulai dari pendaftaran sampai dengan mendapatkan pelayanan poli gigi, kondisi ini akan berdampak pada tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi Klinik Kementerian Agama. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan kesehatan gigi dengan kunjungan pasien di Klinik Pratama Kementrian Agama Jakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian assosiatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pasien di Klinik Pratama Kementrian Agama Jakarta dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 54 orang. Hasil penelitian: Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 88,9% dalam kategori baik dan mayoritas kujungan pasien rendah yaitu sebanyak 85,2% serta tidak terdapat hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan kesehatan gigi dengan kunjungan pasien dengan p-value 0,279 > 0,05. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan tingkat kepuasan dengan kunjungan pasien, ini dapat disebabkan tingkat kepuasan bukan merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kunjungan pasien namun kunjungan pasien, namun masih terdapat faktor lainnya yang mempengaruhi kunjungan pasien seperti kurangnya pengetahuan pasien tentang prosedur pelayanan kesehatan yang bermutu, waktu pasien untuk memeriksakan kesehatan giginya dan pekerjaan sehingga pasien kurang memperhatikan kesehatannya. Kata kunci : Tingkat kepuasan, pelayanan kesehatan gigi, kunjungan pasien
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tingkat kepuasan, pelayanan kesehatan gigi, kunjungan pasien | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | ||||||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D4 Terapi Gigi | ||||||||||||
Depositing User: | LILIS LATIFAH | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2024 04:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2024 04:01 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5180 |
Actions (login required)
View Item |