Pengaruh penyuluhan menggunakan media permainan puzzle terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak Kelas V SDN Sukasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya

Ismiyati, Asri (2023) Pengaruh penyuluhan menggunakan media permainan puzzle terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak Kelas V SDN Sukasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Halaman Depan)
ABSTAK .pdf

Download (115kB)
[img] Text (Halaman Depan)
MOTTO.pdf

Download (140kB)
[img] Text (Halaman Depan)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (153kB)
[img] Text (Halaman Depan)
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text (Halaman Depan)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (Ban II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Puzzle merupakan media pembelajaran bentuk permainan yang bisa menantang daya kreativitas dan ingatan anak. Puzzle merupakan permainan modern yang dimainkan dengan cara menyusun potongan gambar menjadi satu, sehingga sesuai gambar aslinya atau sesuai yang diinginkan. Tujuan : Mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Penyuluhuan Media Permainan Puzzle pada Anak Kelas V SDN Sukasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Metode : Penelitian menggunakan deskriptif dengan rancangan one grup pretest and posttes design. Sampel yang digunakan yaitu total sampling. Populasi penelitian dilakukan pada anak kelas V sebanyak 26 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil : Hasil sebelum diberikan penyuluhan diperoleh dengan kriteria baik (0%), cukup (73%), dan kurang (27%) kemudian setelah dilakukan penyuluhan diperoleh dengan kriteria baik (85%), cukup (15%), dan kurang (0%). Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum diberikan penyuluhan dengan media permainan puzzle masuk dalam kriteria cukup, dan berubah menjadi kriteria baik setelah diberikan penyuluhan dengan media permainan puzzle. Kesimpulan : Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak SD meningkat cukup signifikan (pengetahuan dengan kriteria cukup berubah menjadi kriteria baik setelah diberikan penyuluhan). Kata Kunci : Puzzle, Pengetahuan, Penyuluhan Daftar Pustaka : (2012-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Culia196707112002122001UNSPECIFIED
Thesis advisorKusmana, Aan197301041993031002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Pengetahuan, Penyuluhan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: ASRI ISMIYATI
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:40
Last Modified: 14 Nov 2023 06:40
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item