Hubungan perilaku komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi di klinik Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Salsabila, Risti Maulani (2025) Hubungan perilaku komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi di klinik Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Hubungan perilaku komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi di klinik Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. (Submitted)

[img] Text (Cover)
COVER,LEMBAR PENGESAHAN,LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text (Motto)
MOTO.pdf

Download (266kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (269kB)
[img] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL,DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Komunikasi terapeutik merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan, termasuk mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi. Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan hubungan profesional antara mahasiswa dan pasien, serta berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diterima. Mahasiswa yang mampu berkomunikasi secara terapeutik dinilai lebih berhasil dalam membangun kepercayaan dan kenyamanan pasien selama proses perawatan berlangsung (Hidayatullah, 2020; Minsarni, 2019). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku mahasiswa dalam melakukan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 30 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan kuesioner tertutup yang di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Spearman Rho. Hasil:Mayoritas 43,3% mahasiswa memiliki perilaku komunikasi terapeutik yang baik, dan 66,7% pasien menyatakan sangat puas. Hasil uji Spearman Rho menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara perilaku komunikasi terapeutik mahasiswa dengan kepuasan pasien (ρ = 0,000; r = 0,967). Kesimpulan:Semakin baik perilaku komunikasi terapeutik mahasiswa, maka semakin tinggi kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrimawati, Rena Setiana4011108001renakeysharazka@gmail.com
Thesis advisorMiko, Hadiyat4017086302drgmiko9@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Komunikasi terapeutik,Kkepuasan pasien, Pelayanan kesehatan gigi.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D4 Terapi Gigi
Depositing User: RISTI MAULANI SALSABILA
Date Deposited: 26 Oct 2025 02:40
Last Modified: 26 Oct 2025 02:40
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item