Septiani, Yeni (2025) Hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dengan kepuasan pasien Poliklinik Gigi di RSUD Kawali. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text (Motto)
Motto.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah tanggapan pasien terhadap kesesuaian tingkat kepentingan atau harapan pasien sebelum mereka menerima jasa pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan sesudah pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang mereka terima. Data awal dijelaskan bahwa dari mutu pelayanan kesehatan yang belum sepenuhnya dapat memuaskan pasien, hal ini dilihat dari data sebanyak 60 orang responden, hanya 82% yang merasa puas dan 18% yang belum puas terhadap mutu pelayanan kesehatan di RSUD Kawali. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dengan kepuasan pasien Poliklinik Gigi di RSUD Kawali Kabupaten Ciamis. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pasien dewasa berumur 18-60 tahun yang datang berobat ke Poliklinik Gigi RSUD Kawali dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling sebanyak 58 orang. Hasil penelitian: Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 82,8% mutu pelayanan kesehatan gigi dalam kategori baik dan mayoritas pasien merasa sangat puas yaitu sebanyak 72,4% serta terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dengan kepuasan pasien dengan p-value 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan sangat kuat antara mutu pelayanan kesehatan gigi yang baik dengan kepuasan pasien yang berkunjung ke Poliklinik Gigi di RSUD Kawali Kabupaten Ciamis. Disarankan bagi tenaga kesehatan hendaknya memberi pelayanan yang baik sesuai dengan SOP yang ada, sehingga akan mencapai tujuan kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mutu pelayanan kesehatan gigi, kepuasan pasien | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | ||||||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D4 Terapi Gigi | ||||||||||||
Depositing User: | YENI SEPTIANI | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 06:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:34 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |