Hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dengan kepuasan pasien Poliklinik Gigi di RSUD Kawali

Septiani, Yeni (2025) Hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dengan kepuasan pasien Poliklinik Gigi di RSUD Kawali. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (609kB)
[img] Text (Motto)
Motto.pdf

Download (157kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah tanggapan pasien terhadap kesesuaian tingkat kepentingan atau harapan pasien sebelum mereka menerima jasa pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan sesudah pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang mereka terima. Data awal dijelaskan bahwa dari mutu pelayanan kesehatan yang belum sepenuhnya dapat memuaskan pasien, hal ini dilihat dari data sebanyak 60 orang responden, hanya 82% yang merasa puas dan 18% yang belum puas terhadap mutu pelayanan kesehatan di RSUD Kawali. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dengan kepuasan pasien Poliklinik Gigi di RSUD Kawali Kabupaten Ciamis. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pasien dewasa berumur 18-60 tahun yang datang berobat ke Poliklinik Gigi RSUD Kawali dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling sebanyak 58 orang. Hasil penelitian: Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 82,8% mutu pelayanan kesehatan gigi dalam kategori baik dan mayoritas pasien merasa sangat puas yaitu sebanyak 72,4% serta terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dengan kepuasan pasien dengan p-value 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan sangat kuat antara mutu pelayanan kesehatan gigi yang baik dengan kepuasan pasien yang berkunjung ke Poliklinik Gigi di RSUD Kawali Kabupaten Ciamis. Disarankan bagi tenaga kesehatan hendaknya memberi pelayanan yang baik sesuai dengan SOP yang ada, sehingga akan mencapai tujuan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusmana, Aan4004017301UNSPECIFIED
Thesis advisorSuharja, Eliati Sri4010116801UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan kesehatan gigi, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D4 Terapi Gigi
Depositing User: YENI SEPTIANI
Date Deposited: 24 Apr 2025 06:34
Last Modified: 24 Apr 2025 06:34
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item