Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Penyuluhan Menggunakan Media Booklet pada siswa SMAN 1 Sumber tahun 2022

Nisfahyu, Ihwa (2022) Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Penyuluhan Menggunakan Media Booklet pada siswa SMAN 1 Sumber tahun 2022. Diploma thesis, Poltekkes Tasikmalaya.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.docx

Download (33kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pesetujuan.docx

Download (951kB)
[img] Text
Halaman judull.docx

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (34kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (4MB)

Abstract

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh bertujuan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. Pemenuhan kebutuhan zat gizi pada masa remaja perlu diperhatikan karena remaja termasuk kelompok yang rentan mengalami permasalahan gizi. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2019 prevalensi status gizi menurut (IMT/U) pada remaja umur 16 – 18 tahun di daerah kabupaten cirebon yang termasuk kategori sangat kurus 2,25%; kurus 7,38%; normal 80,59%; gemuk 6,47%; dan obesitas sebesar 3,32%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan tentang gizi seimbang melalui penyuluhan menggunakan media booklet pada siswa SMAN 1 Sumber tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre Eksperimen (rancangan eksperimen semu) dengan desain One Group Pre – Post Test. Pada rancangan ini tidak terdapat kelompok pembanding (kontrol), melainkan dilakukan observasi pertama (pre-test) dan observasi kedua (post-test). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Sumber yang hadir pada saat penelitian dilaksanakan dan telah bersedia menjadi responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa form pengetahuan dan form ketertarikan pada media. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan mengenai gizi seimbang menggunakan media booklet yang dilakukan pada 34 siswa SMAN 1 Sumber menunjukkan efektifitas booklet sebagai media edukasi untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan terjadinya perubahan tingkat pengetahuan siswa, sebanyak 30 siswa (88,2%) mengalami peningkatan. Sebanyak 2 siswa (5,9%) termasuk dalam kategori perubahan pengetahuan tetap. Sementara itu, terdapat 2 siswa (5,9%) mengalami penurunan tingkat pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Jurusan Gizi > D3 Gizi
Depositing User: Ihwa Nisfahyu
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:49
Last Modified: 05 Dec 2022 08:49
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item