Kezya, Aqsha Kezha (2025) Gambaran perilaku menyikat gigi dan karies gigi pada siswa kelas IV SDN Anaka Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (COVER) 1. cover.pdf Download (261kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (MOTTO) 2. lembar persembahan dan motto.pdf Download (124kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (ABSTRAK) 3. abstrak.pdf Download (65kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (KATA PENGANTAR) 4. kata pengantar.pdf Download (137kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (DAFTAR ISI) 5. daftar isi.pdf Download (76kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB I) 6. bab i.pdf Download (138kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB II) 7. bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB III) 8. bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB IV) 9. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB V) 10. bab v.pdf Download (45kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (DAFTAR PUSTAKA) 11. daftar pustaka.pdf Download (199kB) | 
| ![[img]](http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (LAMPIRAN) 12. lampiran.pdf Download (529kB) | 
Abstract
Latar Belakang : Karies gigi merupakan masalah kesehatan gigi yang umum pada anak usia sekolah dasar, salah satunya disebabkan oleh perilaku menyikat gigi yang kurang tepat. Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi masalah gigi dan mulut di Indonesia meningkat, termasuk di SDN Anaka Tasikmalaya yang memiliki angka karies cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman karies dan perilaku menyikat gigi siswa kelas IV di sekolah tersebut. Jenis Penelitian : Penelitian menggunakan metode deskriptif observasional dengan total 35 responden yang dipilih melalui teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan pemeriksaan langsung menggunakan indeks DMF-T untuk gigi tetap dan def-t untuk gigi sulung. Hasil : Rata-rata indeks DMF-T adalah 1,8 dan def-t sebesar 1,62, yang dikategorikan rendah. Sebagian besar siswa memiliki perilaku menyikat gigi yang baik (51,4%), cukup (31,4%), kurang (11,4%), dan sangat baik (5,7%), tanpa kategori sangat kurang. Hasil ini menunjukkan hubungan antara perilaku menyikat gigi dengan tingkat keparahan karies. Kesimpulan perilaku menyikat gigi yang baik berkontribusi dalam menurunkan angka kejadian karies. Meski demikian, edukasi terkait waktu dan teknik menyikat gigi yang benar masih perlu ditingkatkan untuk hasil yang lebih optimal.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | ||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Karies gigi, perilaku menyikat gigi, siswa sekolah dasar | ||||||||||||
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) | ||||||||||||
| Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi | ||||||||||||
| Depositing User: | AQSHA KEZHA KEZYA | ||||||||||||
| Date Deposited: | 26 Oct 2025 02:26 | ||||||||||||
| Last Modified: | 26 Oct 2025 02:26 | ||||||||||||
| URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7661 | 
Actions (login required)
|  | View Item |