Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sindangbarang Kabupaten Cianjur

Nugraha, Muhammad Ramadhan Irfa (2025) Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sindangbarang Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (Cover)
Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Penguji.pdf

Download (540kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text (Motto)
Motto.pdf

Download (120kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampirann.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan umum yang sering diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sindangbarang Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 39 responden yang diambil secara accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner SERVQUAL yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi keterjangkauan dan ketepatan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden, yaitu sebanyak 36 orang (92,3%), menyatakan puas terhadap pelayanan, dan 3 orang (7,7%) menyatakan tidak puas. Dimensi Assurance (jaminan) memperoleh skor tertinggi (90,77%), menunjukkan bahwa responden merasa yakin terhadap kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan. Sementara itu, dimensi dengan skor terendah adalah Empathy (63,76%), yang menunjukkan bahwa perhatian personal dari petugas masih dirasakan kurang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara umum pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sindangbarang. Namun, perbaikan perlu dilakukan terutama dalam aspek empati, ketepatan waktu, dan keterjangkauan untuk meningkatkan mutu layanan secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopianah, Yayah4007096702yayahsopianah@gmail.com
Thesis advisorKristiani, Anie4023086403UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, SERVQUAL, Puskesmas Sindangbarang
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: MUHAMMAD MUHAMMRAMADHAN IRFA NUGRAHA
Date Deposited: 27 Oct 2025 07:15
Last Modified: 27 Oct 2025 07:15
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7769

Actions (login required)

View Item View Item