GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN BUAH DAN SAYUR MELALUI EDUKASI MENGGUNAKAN METODE BINGO PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KASUGENGAN KIDUL

AZZAHROH, AFIFAH (2025) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN BUAH DAN SAYUR MELALUI EDUKASI MENGGUNAKAN METODE BINGO PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KASUGENGAN KIDUL. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
A. PERNYATAAN ORSINALITAS.pdf

Download (32kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
B. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
C. PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (29kB)
[img] Text (JUDUL)
D. JUDUL.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
F. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
G. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
H. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
I. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
K. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan gizi sangat penting untuk membentuk pola makan sehat sejak usia dini, terutama pada anak sekolah dasar. Kurangnya pengetahuan gizi dapat menyebabkan rendahnya konsumsi buah dan sayur, yang berdampak buruk pada status gizi dan kesehatan mereka. Edukasi gizi, khususnya melalui metode permainan seperti Bingo, efektif meningkatkan pemahaman gizi karena sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia 10–12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang buah dan sayur pada anak siswa sekolah dasar di SD Negeri 2 Kasugengan Kidul. Jenis penelitian Pre-Eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 08 Januari – 11 Januari 2025 di SD Negeri 2 Kasugengan Kidul. Populasi adalah seluruh siswa kelas V dan VI yang berumur 10-12 tahun sebanyak 93 siswa. Jumlah sampel 47 siswa dengan pengambilan sampel dengan simple random sampling. Variabel penelitian adalah tingkat pengetahuan dan edukasi tentang buah dan sayur menggunakan metode Bingo. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan responden sebelum intervensi menunjukkan kategori baik sebesar 14,9%, meningkat menjadi 78,7% setelah dilakukan intervensi. Setelah intervensi pengetahuan siswa yang mengalami kenaikan 89,4%. Siswa menyatakan metode Bingo sangat bagus (70,2%), dan bagus (12,8%). Penggunaan metode Bingo terbukti efektif dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang buah dan sayur. Untuk itu metode Bingo dapat menjadi salah satu metode alternatif untuk meningkatkan pengetahuan tentang buah dan sayur pada siswa. Nutritional knowledge is crucial for establishing healthy eating patterns from an early age, especially in elementary school children. Lack of nutritional knowledge can lead to low fruit and vegetable consumption, which negatively impacts their nutritional status and health. Nutrition education, particularly through games like Bingo, is effective in improving nutritional understanding because it aligns with the cognitive developmental stage of children aged 10–12. This study aimed to determine the level of fruit and vegetable knowledge among elementary school students at Public Elementary School 2 Kasugengan Kidul. The study used a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test. The study was conducted from January 8 to January 11, 2025, at Public Elementary School 2 Kasugengan Kidul. The population was all fifth and sixth grade students aged 10–12, totaling 93 students. The sample size was 47 students, drawn using simple random sampling. The research variables were the level of knowledge and education about fruits and vegetables, using the Bingo method. Data were collected through interviews using a questionnaire. Data were analyzed descriptively. The results showed that respondents' knowledge level before the intervention was good at 14.9%, increasing to 78.7% after the intervention. After the intervention, students' knowledge increased by 89.4%. Students stated that the Bingo method was very good (70.2%) and good (12.8%). The use of the Bingo method has been proven effective in increasing students' knowledge about fruits and vegetables. Therefore, the Bingo method can be an alternative method to increase students' knowledge about fruits and vegetables.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDVIMALA, DEWI4024038001vimaladewi1124@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Buah-buahan, Metode Bingo, Sayuran KTIGIZI2025, KTIGIZICRB, KTICRB
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan Gizi > D3 Gizi
Depositing User: CRBG AFIFAH AZZAHROH
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:40
Last Modified: 08 Aug 2025 07:40
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7029

Actions (login required)

View Item View Item