Analisis Efektivitas Penggunaan Sistem Antrean Online pada Mobile JKN terhadap Kepuasaan Pasien di Puskesmas Sindang Jawa dengan Metode Task Technology Fit (TTF) dan Responsiveness

Alfariz, Mohamad Ardhan (2025) Analisis Efektivitas Penggunaan Sistem Antrean Online pada Mobile JKN terhadap Kepuasaan Pasien di Puskesmas Sindang Jawa dengan Metode Task Technology Fit (TTF) dan Responsiveness. Diploma thesis, Politeknik.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (51kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (234kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
JUDUL.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Digitalisasi dalam sektor kesehatan mendorong penerapan sistem antrean online melalui aplikasi Mobile JKN, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti terbatasnya akses internet dan pemahaman teknologi, yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penggunaan fitur antrean online pada mobile JKN terhadap kepuasan pasien Metode Penelitian: penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional Responden adalah pengguna sistem antrean online Mobile JKN di Puskesmas Sindang Jawa dengan jumlah populasi 120 pengguna dan sampel 56 pengguna Mobile JKN. Rencana analisis menggunakan univariat dan bivariat dengan korelasi rank spearman Kata Kunci: Mobile JKN, Task Technology Fit, Responsiveness, Kepuasan Pasien, Sistem Antrean Online Hasil Penelitian: Terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga variabel independen dengan variabel dependen. Hubungan antara Task Characteristic dan Responsiveness menunjukkan kekuatan korelasi sedang dengan nilai koefisien sebesar 0,426 dan nilai signifikansi 0,001. Sementara itu, Technology Characteristic memiliki hubungan yang kuat terhadap Responsiveness dengan nilai koefisien sebesar 0,689 dan signifikansi 0,000. Adapun variabel Task Technology Fit menunjukkan hubungan paling kuat terhadap Responsiveness, dengan nilai koefisien sebesar 0,740 dan signifikansi 0,000. Kesimpulan: Fitur antrean online pada aplikasi Mobile JKN dinilai efektif dalam meningkatkan kepuasan pasien, khususnya dari aspek kemudahan, kecepatan, dan kejelasan informasi layanan. Diperlukan peningkatan edukasi pasien dan pemeliharaan sistem secara berkelanjutan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna. Background: Digitalization in the healthcare sector encourages the implementation of an online queue system through the Mobile JKN application, aimed at improving efficiency and service quality. However, there are several challenges, such as limited internet access and understanding of technology, that can affect patient satisfaction levels. Research Method: This research uses quantitative analytical research methods with a cross sectional approach. Respondents are users of the Mobile JKN online queue system at the Sindang Jawa Community Health Center with a population and sample of 56 Mobile JKN users. Results: There is a significant relationship between the three independent variables and the dependent variable. The relationship between Task Characteristic and Responsiveness shows a moderate correlation strength, with a coefficient value of 0.426 and a significance level of 0.001. Meanwhile, Technology Characteristic has a strong relationship with Responsiveness, with a coefficient value of 0.689 and a significance level of 0.000. Furthermore, the Task Technology Fit variable shows the strongest relationship with Responsiveness, with a coefficient value of 0.740 and a significance level of 0.000. Conclusion: The online queue feature in the Mobile JKN application is considered effective in increasing patient satisfaction, particularly in terms of ease, speed, and clarity of service information. It is necessary to improve patient education and maintain the system continuously to optimize the user experience

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDKhasanah, LinaUNSPECIFIEDlinaelshirazy@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mobile JKN, Task Technology Fit, Responsiveness, Kepuasan Pasien, Sistem Antrean Online. ktirmik2025,rmikcrb
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRBR Mohamad Ardhan Alfariz
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:14
Last Modified: 01 Aug 2025 02:14
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6883

Actions (login required)

View Item View Item