Gibrani, Haikal (2025) Tinjauan Penggunaan ePus Klaster dalam Implementasi Integrasi Layanan Primer di Puskesmas Panjalu Tahun 2025. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (981kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Pusat Kesehatan Masyarakat menurut Permenkes No 43 Tahun 2022 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan di suatu wilayah kerja yaitu kecamatan. Pelayanan kesehatan di Puskesmas saat ini menerapkan program Integrasi Layanan Primer. Sarana dan prasarana penunjang program Integrasi Layanan Primer ini adalah sistem informasi yang mendukung. Penggunaan Sistem Informasi dapat mendukung implementasi Integrasi Layanan Primer. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penggunaan daripada sistem informasi Puskesmas Panjalu yaitu ePus Klaster dalam Mendukung Implementasi Program Integrasi Layanan Primer di Puskesmas Panjalu tahun 2025. Untuk melakukan tinjauan penggunaan ePus Klaster pada penelitian ini digunakan model analisis PIECES. Analisis PIECES merupakan kependekan dari (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service). Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan kerangka kerja deskriptif, menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Sampel dilakukan dengan menggunakan strategi sampel purposif yang diarahkan pada informan. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi ePus Klaster di Puskesmas Panjalu dinilai efektif mendukung pelayanan ILP melalui fitur yang lengkap, respons cepat, data akurat, dan kemudahan penggunaan. Sistem ini juga efisien secara ekonomi serta aman dalam pengelolaannya. Namun, masih terdapat kekurangan seperti keterbatasan fitur dan belum adanya SOP baku. Simpulan : Sistem informasi ePus Klaster di Puskesmas Panjalu mendukung implementasi Integrasi Layanan Primer dengan kinerja baik, informasi akurat, efisiensi biaya dan waktu, serta kemudahan penggunaan. Namun, masih terdapat kendala teknis, fitur yang belum optimal, dan belum adanya SOP penggunaan. Secara keseluruhan, sistem ini berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Puskesmas, ePus Klaster, Integrasi Layanan Primer |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Mhs Haikal Gibrani |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:51 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:51 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |