Novianti, Dewi (2024) PENGARUH PEER EDUCATION TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 5 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2024. PENGARUH PEER EDUCATION TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 5 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2024. ISSN - (Unpublished)
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (21kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN KARYA TULIS ILMIAH)
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH.pdf Download (40kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (381kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Efek dismenore adalah timbulnya kecemasan berlebihan yang berdampak pada penurunan aktivitas dan prestasi di sekolah, sehingga sangat diperlukan pendidikan kesehatan tentang penanganan pada dismenore. Peer Education merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan teman sebaya sebagai media penyampai informasi mengenai pengetahuan dan sikap dalam menangani dismenore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam menangani dismenore. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi di SMPN 5 Padaherang yang telah mengalami menstruasi yaitu 140 siswi. Besar sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling yang berjumlah 64 siswi. Hasil penelitian menunjukkan nilai Ρ-value yang diperoleh 0,000 artinya terdapat pengaruh peer education terhadap peningkatan sikap dan pengetahuan tentang dismenore pada remaja putri. Kesimpulan : Pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode peer education tentang dismenore memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja putri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dismenore, Peer education, pengetahuan, sikap |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan |
Depositing User: | M D4 DEWI NOVIANTI |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:45 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:45 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5262 |
Actions (login required)
View Item |