Gambaran keterampilan, frekuensi, dan waktu menyikat gigi pada anak Tunagrahita Ringan di SLB Pendidikan Patriot Kota Tasikmalaya

Maripatullaeli, Vita (2024) Gambaran keterampilan, frekuensi, dan waktu menyikat gigi pada anak Tunagrahita Ringan di SLB Pendidikan Patriot Kota Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (Caver)
caver.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Motto)
moto.pdf

Download (254kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (159kB)
[img] Text (Kata pengantar)
kata pengantar.pdf

Download (157kB)
[img] Text (Daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf

Download (658kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text (lampiran)
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Menyikat gigi merupakan cara yang efektif untuk membersihkan rongga mulut dari deposit lunak yang menempel di gigi. Keterampilan, frekuensi, dan waktu menyikat gigi mempengaruhi efektifitas menyikat gigi. Permasalahan pada motorik tangan yang dimiliki anak tunagrahita mempengaruhi keterampilan menyikat gigi, selain itu anak tunagrahita juga memiliki gangguan adaptif dan intelektual yang membuat anak tunagrahita tidak bisa menjaga kebersihan gigi dan mulutnya secara mandiri. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang dilakukan adalah anilisis deskriptif, dilakukan dengan cara observasi dengan metode survei, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 anak tunagrahita ringan di SLB Yayasan Patriot Kota Tasikmalaya. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk keterampilan menyikat gigi dan lembar kuesioner untuk frekuensi dan waktu menyikat gigi. Analisa data yang dilakukan dengan distribusi frekuensi. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menyikat gigi anak tunagrahita ringan di SLB Yayasan Pendidikan Patriot Kota Tasikmalaya berkriteria perlu bimbingan sebanyak 11 orang (55%) dan berkriteria cukup terampil sebanyak 9 orang (45%). Frekuensi menyikat gigi anak tunagrahita ringan sebagian besar menjawab 2 kali sehari sebanyak 16 orang (80%) dan yang paling sedikit menjawab 1 kali sehari sebanyak 4 orang (40%). Waktu menyikat gigi anak tunagrahita ringan sebagian besar menjawab pagi dan sore stelah mandi sebanyak 10 orang (50%) dan yang paling sedikit menjawab pagi hari setelah mandi sebanyak 4 orang (40%). Kesimpulan: Sebagian besar anak tungrahita ringan di SLB Yayasan Pendidikan Patriot Kota Tasikmalaya frekuensi menyikat gigi sudah baik tetapi perlu bimbingan dalam menyikat gigi serta waktu menyikat gigi yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamelia, Emma4030096601UNSPECIFIED
Thesis advisorRismayani, Lina4030059101linarisma91@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita Ringan, Keterampilan, Frekuensi, dan Waktu Menyikat gigi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: VITA MARIPATULLAELI
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:28
Last Modified: 12 Aug 2024 02:28
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item