AULIA, LIA NUR and HERLIANA, LIA and ROSULIANA, NOVI ENIS (2024) Pengaruh Edukasi Shaken Baby Syndrome Melalui Akses QR Code Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Orang Tua Di Wilayah Kerja Puskesmas Parakannyasag. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
![]() |
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Shaken baby syndrome (SBS) atau kumpulan gejala akibat bayi terguncang merupakan kekerasan yang menimpa bayi sesudah diguncang terlalu kencang. Peran pengasuh maupun orang tua sangat penting sehingga diperlukan adanya pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar hal yang tidak diinginkan seperti SBS dapat dicegah. Salah satunya dengan memberikan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Media pendidikan kesehatan dalam bentuk media audiovisual yang berbentuk video animasi melibatkan indra penglihatan dan pendengaran, sehingga dianggap lebih efektif dan mudah dipahami. Tujuan: Mengetahui skor rata-rata pengetahuan dan keterampilan orang tua. Metode Penelitian: Metode kuantitatif dengan quasi-experiment pre-test and post-tes with control group. Sampel penelitian ini berjumlah 38 orang tua yang memiliki bayi <11 bulan menggunakan teknik probability sampling dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil: Hasil penelitian melalui uji t dependen dan independen diperoleh adanya perbedaan yang signifikan skor rata-rata pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada masing-masing kelompok dengan hasil p-value 0.001 serta terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata pengetahuan dan keterampilan sesudah diberikan perlakuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan hasil variabel pengetahuan pvalue 0.002 dan hasil variabel keterampilan p-value 0.001. Kesimpulan: Edukasi shaken baby syndrome melalui akses QR code memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan responden dalam wilayah kerja Puskesmas Parakannyasag. Rekomendasi: disarankan untuk melakukan studi lanjutan yang melibatkan sampel lebih besar atau wilayah yang lebih luas untuk memvalidasi secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Jurusan Keperawatan > NERS |
Depositing User: | M D4 Lia Nur Aulia |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:22 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:22 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |