Marhaendana, Fahdila (2023) Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ciremai. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
1. Halaman Orisinalitas_Fahdila Marha.pdf Download (141kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. Halaman Pengesahan_Fahdila Marhaendana.pdf Download (220kB) |
|
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. Halaman Persetujuan Publikasi_ Fahdila M.pdf Download (209kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
4. Halaman Judul_Fahdila Marhendana.pdf Download (522kB) |
|
Text (BAB I)
5. BAB I_Fahdila Marhaendana.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB II)
6. BAB II_Fahdila Marhaendana.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text (BAB III)
7. BAB III_Fahdila Marhaendana.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
|
Text (BAB IV)
8. BAB IV_Fahdila Marhaendana.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text (BAB V)
9. BAB V_Fahdila Marhaendana.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka_Fahdila Marhaendana.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran_Fahdila Marhaendana.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Menurut Kemenkes RI Nomor 129/Menkes/SK/II 2008 tentang standar waktu tunggu pelayanan rawat jalan bahwa rata-rata ≤ 60 menit. Waktu tunggu dalam pelayanan rawat jalan merupakan suatu hal yang sangat penting yang akan menentukan citra awal rumah sakit. Suatu rumah sakit terkadang mengabaikan lama waktu tunggu dalam pelayanan kesehatannya maka secara totalitas kualitas pelayanan rumah sakit ini dianggap tidak professional dan dapat menurunkan kepuasan pasien. Hal inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian di Rumah Ciremai terkait dengan hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Ciremai. Metode Penelitian: menggunakan metode desktiptif analitik dengan desain cross sectional dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 516 responden dengan jumlah sampel 84 orang, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat, uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil: waktu tunggu pelayanan dalam kategori cepat 47 orang (56,0%). Kepuasan pasien sebagian besar merasa puas sebanyak 54 orang (64,3%). Tidak ada hubungan signifikan antara waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien di poliklinik Rumah Sakit Ciremai dengan nilai significancy menunjukkan (p=1,000>0,05). Simpulan dan Saran: waktu tunggu pelayanan rawat jalan tidak begitu berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pihak RS Ciremai harus dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan rawat jalan yang sudah baik di mata masyarakat. Masalah waktu tunggu yang belum sesuai standar diharapkan dapat dilakukan monitoring dan evaluasi di seluruh aspek pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Ciremai. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pelayanan Rawat Jalan Daftar Pustaka: 22 (2008-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waktu Tunggu. Kepuasan Pasien Pelayanan Rawat Jalan,KTIRMIK2023 |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RT Nursing R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | CRBN Fahdila Marhaendana |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 08:45 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 01:20 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2402 |
Actions (login required)
View Item |