HUBUNGAN MUTU LAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2023

AMALIA, RIZKI SALSABILA (2023) HUBUNGAN MUTU LAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2023. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf

Download (233kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf

Download (295kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KTI_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf

Download (269kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien dipengaruhi oleh mutu layanan pendaftaran dan waktu tunggu. Pelayanan dapat dikatakan profesional dalam unit pendaftaran dapat dilakukan melalui kemampuan petugas dalam menyampaikan informasi, kecepatan, ketepatan waktu layanan, ketanggapan dan keandalan. Dari studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh ketidakpuasan pada pelayanan di bagian pendaftaran rawat jalan Rumah Sakit Sumber Waras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu layanan pendaftaran rawat jalan dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Sumber Waras. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel 72 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah chisquare. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat. Hasil Penelitian: Hasil penelitian diketahui bahwa mutu kategori baik 38 responden (52,8%), dan tidak baik 34 responden (47,2%). Waktu tunggu kategori kurang dari 1 jam 25 reponden (34,7%), dan lebih dari 1 jam 47 responden (65,3%). Kemudian kepuasan pasien kategori puas 36 responden (50%) dan tidak puas 36 responden (50%). Hasil analisis data dengan Uji Chi-Square diperoleh nilai p-value 0,000 yang berarti 0,000<0,05 untuk itu H01 ditolak sehingga didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara mutu layanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara waktu tunggu terhadap kepuasan pasien. Simpulan: Rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan sebaiknya lebih memperioritaskan mutu pelayanan, karena mutu pelayanan di bagian pendaftaran dan waktu tunggu mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN MUTU DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN, KTIRMIK2023
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRBN RIZKI SALSABILA AMALIA
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:30
Last Modified: 31 Oct 2024 02:01
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item