AMALIA, RIZKI SALSABILA (2023) HUBUNGAN MUTU LAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2023. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA.
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Download (295kB) |
|
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KTI_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Download (269kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_RIZKI SALSABILA AMALIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien dipengaruhi oleh mutu layanan pendaftaran dan waktu tunggu. Pelayanan dapat dikatakan profesional dalam unit pendaftaran dapat dilakukan melalui kemampuan petugas dalam menyampaikan informasi, kecepatan, ketepatan waktu layanan, ketanggapan dan keandalan. Dari studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh ketidakpuasan pada pelayanan di bagian pendaftaran rawat jalan Rumah Sakit Sumber Waras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu layanan pendaftaran rawat jalan dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Sumber Waras. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel 72 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah chisquare. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat. Hasil Penelitian: Hasil penelitian diketahui bahwa mutu kategori baik 38 responden (52,8%), dan tidak baik 34 responden (47,2%). Waktu tunggu kategori kurang dari 1 jam 25 reponden (34,7%), dan lebih dari 1 jam 47 responden (65,3%). Kemudian kepuasan pasien kategori puas 36 responden (50%) dan tidak puas 36 responden (50%). Hasil analisis data dengan Uji Chi-Square diperoleh nilai p-value 0,000 yang berarti 0,000<0,05 untuk itu H01 ditolak sehingga didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara mutu layanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara waktu tunggu terhadap kepuasan pasien. Simpulan: Rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan sebaiknya lebih memperioritaskan mutu pelayanan, karena mutu pelayanan di bagian pendaftaran dan waktu tunggu mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HUBUNGAN MUTU DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN, KTIRMIK2023 |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | CRBN RIZKI SALSABILA AMALIA |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:30 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2388 |
Actions (login required)
View Item |