GEOFAHNI, DEVA (2023) Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Buku Saku dan Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Thalasemia. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (233kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (241kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (15kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (282kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (138kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Thalasemia adalah kelainan darah yang disebabkan karena keturunan. Prinsip utama untuk mencegah terjadinya thalasemia adalah dengan menghindari perkawinan antara sesama penderita thalasemia. Remaja merupakan jenjang usia yang paling dekat dengan usia pernikahan. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan pendidikan kesehatan, buku saku dan video animasi merupakan contoh media yang dapat digunakan dalam melakukan pendidikan kesehatan. Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pendidikan kesehatan menggunakan media buku saku dan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan tentang thalasemia pada remaja. Desain penelitian menggunakan Quasy experimental dengan pretest-posttest with control group, terdiri dari 29 responden tiap kelompoknya. Uji normalitas menggunakan uji skewness. Uji statistik menggunakan paired sample T test dan independent sample T test. Hasil penelitian ini didapatkan perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan pre test dan post test pada kedua kelompok dengan p value = 0.000 < 0,05. Hasil uji statistik independent sampel T test didapatkan nilai p value = 0,043 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan antara kelompok intervensi yang diberikan media buku saku dan video animasi dengan kelompok kontrol yang hanya diberikan media buku saku. Pendidikan kesehatan menggunakan media buku saku dan video animasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang thalasemia.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kesehatan, Thalasemia, Buku Saku, Video Animasi, Remaja | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan > NERS | ||||||||||||
Depositing User: | DEVA GEOFAHNI | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:49 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2249 |
Actions (login required)
View Item |