Nugraha, Muhammad Ramadhan Irfa (2025) Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sindangbarang Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
|
Text (Cover)
Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Penguji.pdf Download (540kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (120kB) |
|
|
Text (Motto)
Motto.pdf Download (120kB) |
|
|
Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf Download (159kB) |
|
|
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf Download (142kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (245kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (134kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (206kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampirann.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan umum yang sering diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sindangbarang Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 39 responden yang diambil secara accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner SERVQUAL yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi keterjangkauan dan ketepatan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden, yaitu sebanyak 36 orang (92,3%), menyatakan puas terhadap pelayanan, dan 3 orang (7,7%) menyatakan tidak puas. Dimensi Assurance (jaminan) memperoleh skor tertinggi (90,77%), menunjukkan bahwa responden merasa yakin terhadap kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan. Sementara itu, dimensi dengan skor terendah adalah Empathy (63,76%), yang menunjukkan bahwa perhatian personal dari petugas masih dirasakan kurang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara umum pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sindangbarang. Namun, perbaikan perlu dilakukan terutama dalam aspek empati, ketepatan waktu, dan keterjangkauan untuk meningkatkan mutu layanan secara menyeluruh.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, SERVQUAL, Puskesmas Sindangbarang | ||||||||||||
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography | ||||||||||||
| Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi | ||||||||||||
| Depositing User: | MUHAMMAD MUHAMMRAMADHAN IRFA NUGRAHA | ||||||||||||
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:15 | ||||||||||||
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:15 | ||||||||||||
| URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
