Gambaran pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media game pretend plays pada anak kelas 2 SDN 4 Sukasari

Fuadah, Syifa Lestari (2025) Gambaran pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media game pretend plays pada anak kelas 2 SDN 4 Sukasari. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (COVER)
a. cover.pdf

Download (497kB)
[img] Text (MOTO)
b. Motto dan Persembahan.pdf

Download (115kB)
[img] Text (ABSTRAK)
c. Abstrak.pdf

Download (215kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
d. Kata Pengantar.pdf

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
e. daftar isi.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB I)
f. BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
g. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
h. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
i. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
j. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
h. lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah masih menjadi perhatian, terutama akibat rendahnya pengetahuan tentang cara menjaga kebersihan gigi. Penyuluhan kesehatan sering kali disampaikan secara satu arah sehingga kurang menarik minat anak. Media game pretend plays merupakan salah satu metode edukasi yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media game pretend plays pada siswa kelas 2 SDN 4 Sukasari Tahun 2025. Jenis Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel berjumlah 46 siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pretest dan posttest yang terdiri dari 15 soal. Hasil Penelitian: Hasil pretest menunjukkan mayoritas siswa berada pada kategori pengetahuan cukup (46%), baik (41%), dan kurang (13%). Setelah diberikan penyuluhan, hasil posttest menunjukkan peningkatan pengetahuan dengan kategori baik sebanyak 65%, cukup 28%, dan kurang 7%. Terjadi peningkatan rata-rata sebesar 19% setelah penyuluhan menggunakan media game pretend plays. Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan siswa tentang kesehatan gigi dan mulut setelah diberikan penyuluhan menggunakan media game pretend plays. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman karena bersifat interaktif dan sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Kata Kunci: Pengetahuan, Kesehatan Gigi dan Mulut, Game Pretend Plays, Anak Sekolah Dasar Referensi: 38 (2015-2024)

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrimawati, Rena Setiana4011108001renakeysharazka@gmail.com
Thesis advisorTiana, Mita1230120220001UNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: SYIFA LESTARI FUADAH
Date Deposited: 15 Jul 2025 13:01
Last Modified: 15 Jul 2025 13:01
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item