Pengembangan game interaktif canva dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas V Di SDN III Samarang Kabupaten Garut

Istusuci, Reinata Sanubarina (2025) Pengembangan game interaktif canva dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas V Di SDN III Samarang Kabupaten Garut. Other thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR BAGAN, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendahuluan: Rendahnya pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar dapat berdampak pada munculnya berbagai masalah kesehatan. Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023, prevalensi masalah gigi dan mulut nasional sebesar 56,9%, dan di Kabupaten Garut sebesar 36,7%, terutama terjadi pada anak usia sekolah. Penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti game edukasi interaktif berbasis canva diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa secara efektif. Tujuan: Mengetahui penggunaan game interaktif canva dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas V SDN III Samarang Kabupaten Garut. Metode: Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan desain one group pre-test and post-test. Jumlah sampel 30 siswa, diambil dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa lembar validasi media dan kuesioner. Hasil: Media dinilai sangat layak oleh ahli (93%) dan pengguna (94%). Sebelum intervensi, pengetahuan siswa tergolong kurang sebanyak 17 orang (57%), cukup 10 orang (33%), dan baik 3 orang (10%). Setelah intervensi, kategori baik meningkat menjadi 26 orang (87%), cukup 4 orang (13%), dan tidak ada yang kurang. Rata-rata Kesimpulan: Game interaktif Canva efektif meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesehatan gigi dan mulut serta layak digunakan sebagai media pembelajaran edukatif.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrimawati, Rena Setiana4011108001UNSPECIFIED
Thesis advisorFratiwi, Winda9940000180UNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: REINATA SANUBARINA ISTUSUCI
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:16
Last Modified: 04 Jul 2025 04:16
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item