PENGARUH PEER EDUCATION TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 5 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2024

Novianti, Dewi (2024) PENGARUH PEER EDUCATION TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 5 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2024. PENGARUH PEER EDUCATION TENTANG DISMENORE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 5 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2024. ISSN - (Unpublished)

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (21kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN KARYA TULIS ILMIAH)
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH.pdf

Download (40kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Efek dismenore adalah timbulnya kecemasan berlebihan yang berdampak pada penurunan aktivitas dan prestasi di sekolah, sehingga sangat diperlukan pendidikan kesehatan tentang penanganan pada dismenore. Peer Education merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan teman sebaya sebagai media penyampai informasi mengenai pengetahuan dan sikap dalam menangani dismenore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam menangani dismenore. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi di SMPN 5 Padaherang yang telah mengalami menstruasi yaitu 140 siswi. Besar sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling yang berjumlah 64 siswi. Hasil penelitian menunjukkan nilai Ρ-value yang diperoleh 0,000 artinya terdapat pengaruh peer education terhadap peningkatan sikap dan pengetahuan tentang dismenore pada remaja putri. Kesimpulan : Pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode peer education tentang dismenore memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja putri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dismenore, Peer education, pengetahuan, sikap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan
Depositing User: M D4 DEWI NOVIANTI
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:45
Last Modified: 18 Sep 2024 04:45
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item View Item