Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Buku Saku dan Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Thalasemia

GEOFAHNI, DEVA (2023) Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Buku Saku dan Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Thalasemia. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Thalasemia adalah kelainan darah yang disebabkan karena keturunan. Prinsip utama untuk mencegah terjadinya thalasemia adalah dengan menghindari perkawinan antara sesama penderita thalasemia. Remaja merupakan jenjang usia yang paling dekat dengan usia pernikahan. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan pendidikan kesehatan, buku saku dan video animasi merupakan contoh media yang dapat digunakan dalam melakukan pendidikan kesehatan. Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pendidikan kesehatan menggunakan media buku saku dan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan tentang thalasemia pada remaja. Desain penelitian menggunakan Quasy experimental dengan pretest-posttest with control group, terdiri dari 29 responden tiap kelompoknya. Uji normalitas menggunakan uji skewness. Uji statistik menggunakan paired sample T test dan independent sample T test. Hasil penelitian ini didapatkan perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan pre test dan post test pada kedua kelompok dengan p value = 0.000 < 0,05. Hasil uji statistik independent sampel T test didapatkan nilai p value = 0,043 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan antara kelompok intervensi yang diberikan media buku saku dan video animasi dengan kelompok kontrol yang hanya diberikan media buku saku. Pendidikan kesehatan menggunakan media buku saku dan video animasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang thalasemia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARIANI, DINI197706272006042013dini.mariani77@gmail.com
Thesis advisorRIYANA, ASEP197601012001121002banisulaeman@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Thalasemia, Buku Saku, Video Animasi, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > NERS
Depositing User: DEVA GEOFAHNI
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:49
Last Modified: 06 Jul 2023 02:49
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item