UPAYA PENCEGAHAN KETERLAMBATAN KLAIM BPJS DI RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA

LABILA, SALSA (2023) UPAYA PENCEGAHAN KETERLAMBATAN KLAIM BPJS DI RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (49kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Penelitian ini difokuskan pada upaya petugas klaim di unit casemix untuk mencegah permasalahan keterlambatan klaim BPJS Kesehatan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya ketidaklengkapan atau kesalahan pada persyaratan yang memenuhi kriteria untuk dapat dilakukan verifikasi klaim, seperti ketidaklengkapan dokumen atau berkas klaim dan kesalahan pada kode diagnosis maupun tindakan yang tidak sesuai dengan kaidah koding pada INA CBG’s. Metodologi Penelitian : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Waktu penelitian dilaksanakan di RSUD Singaparna Medika Citrautama pada tanggal 15 Februari – 22 Februari 2023. Pengumpulan dalam penelelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dengan subjek penelitian berjumlah 4 orang yaitu 1 kepala unit casemix dan 3 petugas klaim. Instrumen penelitian dengan pedoman wawancara dan audio recorder sebagai alat bantu untuk merekam informasi dari narasumber. Hasil : Permasalahan keterlambatan pembayaran klaim BPJS Kesehatan terjadi karena kesalahan dalam melakukan pengkodingan kode diagnosis ataupun tindakan, kemudian kesalahan pada saat menginput data kedalam aplikasi INA CBG’s, atau ketidaklengkapan berkas klaim, dan kesalahan dalam melakukan billing tagihan. Keterlambatan pembayaran klaim pun pernah terjadi dikarenakan adanya kendala dari pihak BPJS itu sendiri, salah satunya karena BPJS Kesehatan mengalami defisit. Kesimpulan : Pelaksanaan kegiatan klaim BPJS Kesehatan di RSUD Singaparna Medika Citrautama sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan alur prosedur yang berlaku, namun untuk menghindari adanya keterlambatan maka petugas klaim perlu meningkatkan kinerja mereka dengan selalu mematuhi SOP kerja yang ada. Kata Kunci : Pencegahan, Keterlambatan, Klaim

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pencegahan, Keterlambatan, Klaim
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Salsa Labila
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:27
Last Modified: 13 Sep 2023 04:27
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item