LABILA, SALSA (2023) UPAYA PENCEGAHAN KETERLAMBATAN KLAIM BPJS DI RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (49kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (110kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (360kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Penelitian ini difokuskan pada upaya petugas klaim di unit casemix untuk mencegah permasalahan keterlambatan klaim BPJS Kesehatan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya ketidaklengkapan atau kesalahan pada persyaratan yang memenuhi kriteria untuk dapat dilakukan verifikasi klaim, seperti ketidaklengkapan dokumen atau berkas klaim dan kesalahan pada kode diagnosis maupun tindakan yang tidak sesuai dengan kaidah koding pada INA CBG’s. Metodologi Penelitian : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Waktu penelitian dilaksanakan di RSUD Singaparna Medika Citrautama pada tanggal 15 Februari – 22 Februari 2023. Pengumpulan dalam penelelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dengan subjek penelitian berjumlah 4 orang yaitu 1 kepala unit casemix dan 3 petugas klaim. Instrumen penelitian dengan pedoman wawancara dan audio recorder sebagai alat bantu untuk merekam informasi dari narasumber. Hasil : Permasalahan keterlambatan pembayaran klaim BPJS Kesehatan terjadi karena kesalahan dalam melakukan pengkodingan kode diagnosis ataupun tindakan, kemudian kesalahan pada saat menginput data kedalam aplikasi INA CBG’s, atau ketidaklengkapan berkas klaim, dan kesalahan dalam melakukan billing tagihan. Keterlambatan pembayaran klaim pun pernah terjadi dikarenakan adanya kendala dari pihak BPJS itu sendiri, salah satunya karena BPJS Kesehatan mengalami defisit. Kesimpulan : Pelaksanaan kegiatan klaim BPJS Kesehatan di RSUD Singaparna Medika Citrautama sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan alur prosedur yang berlaku, namun untuk menghindari adanya keterlambatan maka petugas klaim perlu meningkatkan kinerja mereka dengan selalu mematuhi SOP kerja yang ada. Kata Kunci : Pencegahan, Keterlambatan, Klaim
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pencegahan, Keterlambatan, Klaim |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Salsa Labila |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 04:27 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 04:27 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2803 |
Actions (login required)
View Item |