Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mengenai HIV/AIDS Melalui Video Animasi pada Media Sosial pada Remaja Kelas XI SMKN 4 Tasikmalaya

Yulia, Rizka (2024) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mengenai HIV/AIDS Melalui Video Animasi pada Media Sosial pada Remaja Kelas XI SMKN 4 Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN ORSINILITAS_RizkaYulia.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LembarPengesahan__RizkaYulia.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Persetujuan Karya Ilmiah_Rizka Yulia.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Halaman Judul_Rizka Yulia.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I_Rizka Yulia.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2_Rizka Yulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB 3_Rizka Yulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB 4_Rizka Yulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 5_Rizka Yulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Rizka Yulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
Lampiran_Rizka Yulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Masa remaja merupakan periode peralihan dari masa kanak – kanak ke masa dewasa. Fase remaja ini dianggap sensitif karena keputusan untuk terlibat dalam perilaku seksual dapat muncul, perilaku tersebut berpotensi menyebabkan penularan penyakit seperti Human Immunodeficieny Virus (HIV)/ Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), dan penyakit menular seksual lainnya. Kurangnya informasi dan pengetahuan tentang HIV/AIDS dikalangan remaja merupakan salah satu penyebab budaya seks bebas di kalangan remaja dapat terus berkembang dan meningkatkan risiko penularan HIV/AIDS di kalangan mereka. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui video animasi pada media sosial terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Metode: Quasy Eksperimental dengan pretest-posttest with control design. Instrument yang digunakan adalah lembar kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling, terdiri dari 21 responden untuk kelompok intervensi dan kontrol. Uji statistik menggunakan dependent t-test dan independent t-test. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor pengetahuan dan sikap, sebelum edukasi pada kelompok intervensi 46.48 dan 43.16 menjadi 73.80 dan 72.72 (p-value 0,000), sedangkan untuk kelompok kontrol sebelum edukasi 45.56 dan 42.82 menjadi 65.08 dan 66.60 (p-value 0.000). Terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor sesudah edukasi antara kedua kelompok dengan p-value 0.012 untuk pengetahuan dan p-value 0.021 untuk sikap. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi pada media sosial dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja mengenai HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFebruanti, Sofia198202062002122002[email protected]
Thesis advisorAryanti, Dewi198103172002122001[email protected]
Uncontrolled Keywords: Animation Video Media, Social Media, Health Education, HIV/AIDS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > NERS
Depositing User: M D4 Rizka Yuia
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:05
Last Modified: 01 Jul 2024 04:05
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item