HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT SUMBER KASIH KOTA CIREBON TAHUN 2023

QOLBI, INTAN NUR (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT SUMBER KASIH KOTA CIREBON TAHUN 2023. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (35kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH)
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (63kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kemampuan sebuah rumah sakit dapat diukur dengan tingkat kepuasan pasien yang menjadi parameter kualitas pelayanan di rumah sakit. Peneliti melalukan studi pendahuluan diperoleh mayoritas pasien rawat jalan mengatakan kurang puas terhadap pelayanan pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Sumber Kasih Kota Cirebon. Metode Penelitian: Jenis penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini memiliki populasi 475 orang, sampel 83 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan uji statistik chi-square. Analisis penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil Penelitian: Pada kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan menunjukkan 67,5% menilai baik. Kepuasan pasien menunjukkan 59% menilai puas. Hasil uji chi square diperoleh nilai p-value = 0,01 < nilai α = 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Sumber Kasih Kota Cirebon. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Sumber Kasih Kota Cirebon. Saran: Rumah sakit harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan agar pasien merasa puas atas pelayanan kesehatan yang diberikan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan dengan melalukan edukasi pasien, dimensi jaminan dengan memperhatikan waktu tunggu pasien, dimensi empati dengan memberi pelatihan soft skills petugas pendaftaran. Untuk meningkatkan kepuasan pasien pada dimensi overall satisfaction dengan meningkatkan fasilitas fisik yang ada di rumah sakit. Kata kunci : kualitas pelayanan pendaftaran, kepuasan pasien, rawat jalan Daftar Pustaka : 21 (2008-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Pendaftaran, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, KTIRMIK2023
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: CRBN INTAN NUR QOLBI
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:41
Last Modified: 17 Jul 2023 02:41
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item