HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, SIKAP, DAN PENGETAHUAN TERHADAP MUTU PEREKAM MEDIS DI RS SUMBER KASIH KOTA CIREBON TAHUN 2022

MARYANA, FEBIYANTI (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, SIKAP, DAN PENGETAHUAN TERHADAP MUTU PEREKAM MEDIS DI RS SUMBER KASIH KOTA CIREBON TAHUN 2022. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (144kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH.pdf

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Kesehatan Tasikmalaya Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Program Studi Diploma III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Cirebon 2022 FEBIYANTI MARYANA HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, SIKAP, DAN PENGETAHUAN TERHADAP MUTU PEREKAM MEDIS DI RS SUMBER KASIH KOTA CIREBON TAHUN 2022 ABSTRAK Latar Belakang : Pelayanan rekam medis menjadi salah satu indikator peningkatan mutu pada pelayanan kesehatan. Pelayanan rekam medis akan terlaksana dengan baik apabila perekam medis memiliki faktor-faktor yang mendukung seperti tingkat pendidikan, sikap, dan pengetahuan yang baik. Seperti yag disampaikan oleh (Rustianto, 2018) bahwa Perekam medis dan informasi kesehatan harus mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang merupakan kompetensi dari profesinya. Tujuan : Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, sikap, dan pengetahuan dengan mutu perekam medis di RS Sumber Kasih Kota Cirebon. Metodologi Penelitian : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah Perekam Medis di RS Sumber Kasih Kota Cirebon yang dipilih dengan total sampel berjumlah 32 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji univariat menunjukkan bahwa tigkat pendidikan Formal Non RMIK sebesar 62,5%, sikap dengan kategori baik sebesar 87,5%, pengetahuan dengan kategori kurang sebesar 59,4%, dan mutu perekam medis dengan kategori baik sebesar 75,5%. Hasil uji chi-square antara tingkat pendidikan dengan mutu perekam medis didapatkan nilai p-value sebesar 0,116 > α (0,05), antara sikap dengan mutu perekam medis didapatkan nilai p-value sebesar 0,254 > α (0,05), dan antara pengetahuan dengan mutu perekam medis didapatkan nilai p-value sebesar 0,420 > α (0,05). Dapat diartikan tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan mutu perekam medis, antara sikap dengan mutu perekam medis, dan antara pengetahuan dengan mutu perekam medis. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan mutu perekam medis, antara sikap dengan mutu perekam medis, dan antara pengetahuan dengan mutu perekam medis. Saran : Petugas rekam medis hendaknya mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan rekam medis. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Sikap, Pengetahuan, Pelayanan Rekam Medis, Mutu Perekam Medis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Sikap, Pengetahuan, Pelayanan Rekam Medis, Mutu Perekam Medis., KTIRMIK2022
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Febiyanti Maryana
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:35
Last Modified: 19 Aug 2022 04:27
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item