Nabilah, Wenny Salwa (2025) Gambaran keterampilan guru dalam bimbingan teknik menyikat gigi dengan tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut SDN Anaka Tasikmalaya. Post-Doctoral thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.
![]() |
Text (Cover)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Motto)
MOTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI,DAFTAR GAMBAR,DAFTAR TABEL, DAFTAR BAGAN, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Masalah kebersihan gigi dan mulut pada anak-anak usia sekolah masih cukup tinggi di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan menyikat gigi yang belum tepat. Guru sebagai panutan di sekolah memiliki peran penting dalam mengajarkan cara menyikat gigi yang benar kepada siswa. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa baik keterampilan guru dalam membimbing siswa menyikat gigi, serta bagaimana pengaruhnya terhadap kebersihan gigi dan mulut anak-anak kelas V di SDN Anaka Tasikmalaya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 45 orang responden, yaitu 10 guru dan 35 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk menilai keterampilan guru, dan pemeriksaan indeks PHP-M untuk menilai kebersihan gigi siswa. Hasil Penelitian: Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki keterampilan membimbing dalam kategori cukup, sedangkan sebagian besar siswa memiliki kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik. Kesimpulan: Kesimpulannya, keterampilan guru dalam membimbing menyikat gigi masih perlu ditingkatkan agar siswa dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Keterampilan guru, Tingkat kebersihan gigi | ||||||||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
||||||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > D3 Kesehatan Gigi | ||||||||||||
Depositing User: | WENNY SALWA NABILAH | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:25 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |