GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA UNIT RAWAT JALAN DI RSUD MAJALENGKA

Rahmadani, Vina Defani (2025) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA UNIT RAWAT JALAN DI RSUD MAJALENGKA. Diploma thesis, Politektik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORSINILITAS)
Halaman Pernyataan Orsinilitas.pdf

Download (41kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
Halaman Pengesahan.pdf

Download (56kB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (87kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf

Download (802kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan kunci sistem kesehatan yang efektif dan adil. Kualitas pelayanan tak hanya diukur dari hasil pengobatan, tetapi juga dari tingkat kepuasan pasien selama perawatan. Dalam kondisi persaingan antar fasilitas kesehatan yang semakin ketat, kepuasan pasien menjadi indikator penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di unit rawat jalan RSUD Majalengka. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi pasien atau penanggungjawab (keluarga) dari pasien BPJS Kesehatan rawat jalan di RSUD Majalengka dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden adalah pasien BPJS, berjenis kelamin perempuan, berusia dewasa, berpendidikan SMA, dan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Persentase kepuasan pasien berdasarkan lima aspek dimensi mutu pelayanan menunjukkan bahwa aspek bukti fisik (tangibles) mencapai 77%, kehandalan (reliability) sebesar 93%, jaminan (assurance) 99%, empati (empathy) mencapai 100%, dan ketanggapan (responsiveness) sebesar 53%. Kesimpulan: Sebagian besar responden memberikan respons yang sangat positif terhadap pelayanan di unit rawat jalan. Hal tersebut perlu dipertahankan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan pada beberapa aspek yang perlu diperbaiki Kata Kunci: Kepuasan, Mutu Pelayanan, Pasien rawat jalan Daftar Pustaka: 55 (2011-2024)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Mutu Pelayanan, Pasien rawat jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Mhs Vina Defani Rahmadani
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:27
Last Modified: 13 Jun 2025 07:27
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item