HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA INTENSITAS KUNJUNGAN NORMAL DAN TINGGI DI PUSKESMAS SENDANG TAHUN 2024

MAHARANI, DEWI (2024) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA INTENSITAS KUNJUNGAN NORMAL DAN TINGGI DI PUSKESMAS SENDANG TAHUN 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
1. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (JUDUL-DAFTAR LAMPIRAN)
4. JUDUL.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
5. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
6. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
7. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
8. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
9. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/MENKES /SK/II/2008 tentang standar pelayanan minimal rawat jalan menyebutkan bahwa standar waktu tunggu pelayanan rawat jalan rata-rata ≤ 60 menit. Waktu tunggu pasien selama mengantre untuk mendapat pelayanan merupakan salah satu faktor penentu penilaian awal sebuah Puskesmas, namun suatu Puskesmas terkadang acuh yang mengakibatkan penurunan pada kualitas Puskesmas dan kepuasan pasien. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di Puskesmas Sendang mengenai hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien pada intensitas kunjungan normal dan tinggi.di Puskesmas Sendang. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien berjumlah 40 responden kunjungan normal dan 55 responden kunjungan tinggi. Teknik sampling menggunakan Accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square. Hasil Penelitian : Waktu tunggu pelayanan pendaftaran yang sesuai standar pada intensitas kunjungan normal 85,0% dan kunjungan tinggi 76,4%. Kepuasan pasien mayoritas merasa puas, pada intensitas kunjungan normal 82,5% dan kunjungan tinggi 65,5%. Hasil uji statistik Chi-Square menunjukkan pada intensitas kunjungan normal nilai p = 0,000<α (0,05) dan kunjungan tinggi nilai p = 0,042<α (0,05), sehingga terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien baik pada intensitas kunjungan normal maupun tinggi. Simpulan: Waktu tunggu pelayanan pendaftaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pihak Puskesmas Sendang harus dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran terutama saat intensitas kunjungan tinggi dengan memperhatikan waktu tunggu dan dimensi mutu kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pelayanan Pendaftaran, KTIRMIK2024
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRB DEWI MAHARANI
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:48
Last Modified: 10 Jul 2024 06:48
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item