MAHARANI, DEWI (2024) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA INTENSITAS KUNJUNGAN NORMAL DAN TINGGI DI PUSKESMAS SENDANG TAHUN 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
1. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text (JUDUL-DAFTAR LAMPIRAN)
4. JUDUL.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
5. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
6. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
7. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
8. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
9. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/MENKES /SK/II/2008 tentang standar pelayanan minimal rawat jalan menyebutkan bahwa standar waktu tunggu pelayanan rawat jalan rata-rata ≤ 60 menit. Waktu tunggu pasien selama mengantre untuk mendapat pelayanan merupakan salah satu faktor penentu penilaian awal sebuah Puskesmas, namun suatu Puskesmas terkadang acuh yang mengakibatkan penurunan pada kualitas Puskesmas dan kepuasan pasien. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di Puskesmas Sendang mengenai hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien pada intensitas kunjungan normal dan tinggi.di Puskesmas Sendang. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien berjumlah 40 responden kunjungan normal dan 55 responden kunjungan tinggi. Teknik sampling menggunakan Accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square. Hasil Penelitian : Waktu tunggu pelayanan pendaftaran yang sesuai standar pada intensitas kunjungan normal 85,0% dan kunjungan tinggi 76,4%. Kepuasan pasien mayoritas merasa puas, pada intensitas kunjungan normal 82,5% dan kunjungan tinggi 65,5%. Hasil uji statistik Chi-Square menunjukkan pada intensitas kunjungan normal nilai p = 0,000<α (0,05) dan kunjungan tinggi nilai p = 0,042<α (0,05), sehingga terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien baik pada intensitas kunjungan normal maupun tinggi. Simpulan: Waktu tunggu pelayanan pendaftaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pihak Puskesmas Sendang harus dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran terutama saat intensitas kunjungan tinggi dengan memperhatikan waktu tunggu dan dimensi mutu kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pelayanan Pendaftaran, KTIRMIK2024 |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | CRB DEWI MAHARANI |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 06:48 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4072 |
Actions (login required)
View Item |