PENGGUNAAN MEDIA SPINNING WHEEL GAME DAN POWERPOINT UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN MEMILIH JAJANAN SEHAT PADA ANAK KELAS V DI SD NEGERI KEBON BARU 4 KOTA CIREBON

MAULA, ISHMATUL (2023) PENGGUNAAN MEDIA SPINNING WHEEL GAME DAN POWERPOINT UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN MEMILIH JAJANAN SEHAT PADA ANAK KELAS V DI SD NEGERI KEBON BARU 4 KOTA CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
Halaman Pernyataan Orisinalitas Karya Ilmiah - 'Ishma.pdf

Download (162kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
Halaman Pengesahan KTI 'Ishma.pdf

Download (225kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
Lembar Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - 'Ishma.pdf

Download (184kB)
[img] Text (JUDUL)
Halaman Judul KTI 'Ishma.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 KTI 'Ishma.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2 KTI 'Ishma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 KTI 'Ishma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 KTI 'Ishma .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 KTI 'Ishma .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka KTI 'Ishma .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran KTI 'Ishma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA SPINNING WHEEL GAME DAN POWERPOINT UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN MEMILIH JAJANAN SEHAT PADA ANAK KELAS V DI SD NEGERI KEBON BARU 4 KOTA CIREBON ‘Ishmatul Maula1, Priyo Sulistiyono 2 INTISARI Hasil penelitian menunjukan masih banyak anak yang mengkonsumsi jajanan tidak sehat. Pengetahuan gizi dan kesehatan anak sekolah dasar yang masih kurang menjadi salah satu penyebab anak tetap mengkonsumsi jajanan tidak sehat. Kurangnya pengetahuan tersebut juga akan mengurangi kemampuan anak dalam menerapkan informasi gizi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan pengetahuan tentang memilih jajanan sehat pada anak kelas V SD Negeri Kebon Baru 4 Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Pretest – Posttest With Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kebon Baru 4 Kota Cirebon. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua hari berselang tiga hari. Hari pertama dilakukan pre-test dan pemberian edukasi dengan media Spinning Wheel Game pada kelompok perlakuan (Kelas V C) dan media Powerpoint pada kelompok kontrol (Kelas V B). Hari keempat dilakukan posttest. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 48 anak yang memenuhi kriteria. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang terdiri dari 15 pertanyaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Spinning Wheel Game lebih optimal dalam jangka panjang dibandingkan media powerpoint. Perubahan pengetahuan anak pada kelompok perlakuan mengalami peningkatan sebesar (58,3%) dan (50,0%) pada kelompok kontrol. Pengetahuan anak masih ditemukan yang justru mengalami penurunan baik pada kelompok perlakuan dan kontrol dengan proporsi (12.5%). Media Spinning Wheel Game dapat digunakan sebagai media edukasi tentang gizi maupun edukasi pembelajaran lainya. Kata kunci: anak sekolah, jajanan sehat, media, pengetahuan, Powerpoint, Spinning Wheel Game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak sekolah, jajanan sehat, media, pengetahuan, Powerpoint, Spinning Wheel Game KTIGIZI2023
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan Gizi > D3 Gizi
Depositing User: G.CRB ISHMATUL MAULA
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:24
Last Modified: 07 Nov 2023 06:54
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item