Nur Hasanah, Reni (2025) Pengaruh Edukasi Melalui Media Audiovisual GENETICS (Generasi Remaja Terbebas Dari Pelecehan Seksual) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa-Siswi MTs PUI Ciparigi Untuk Pencegahan Pelecehan Seksual Tahun 2025. Diploma thesis, PLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORSINILITAS.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
pernyataan persetujuan publikasi untuk kepentingan akademis.pdf Download (198kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (262kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pelecehan seksual pada remaja merupakan permasalahan serius yang dapat menimbulkan dampak psikologis maupun sosial dalam jangka panjang. Upaya pencegahan perlu dilakukan melalui edukasi yang menarik dan mudah dipahami, salah satunya dengan media audiovisual GENETICS (Generasi Remaja Terbebas dari Pelecehan Seksual). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui media audiovisual GENETICS terhadap pengetahuan dan sikap siswa-siswi MTs PUI Ciparigi dalam pencegahan pelecehan seksual. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen with control group design, yaitu membandingkan nilai pretest dan posttest pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa, masing-masing 30 pada kelompok intervensi dan kontrol, yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pengetahuan pada kelompok intervensi dari 4,83 menjadi 5,96, sedangkan pada kelompok kontrol meningkat dari 3,60 menjadi 4,20. Uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi p = 0,005 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan edukasi melalui media audiovisual GENETICS terhadap peningkatan pengetahuan siswa. Pada variabel sikap, rata-rata nilai pada kelompok intervensi meningkat dari 30,40 menjadi 31,27, dan kelompok kontrol dari 25,37 menjadi 27,89. Namun hasil uji statistik menunjukkan p > 0,05, sehingga tidak terdapat perbedaan peningkatan sikap yang signifikan antara kedua kelompok setelah intervensi. Kesimpulan : penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi dengan media audiovisual GENETICS meningkatkan pengetahuan siswa secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap mereka. Media GENETICS tetap direkomendasikan sebagai alternatif inovatif untuk edukasi pencegahan pelecehan seksual pada remaja.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Edukasi, Audiovisual, GENETICS, Sikap, Remaja. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
| Divisions: | Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan |
| Depositing User: | M D4 RENI NUR HASANAH |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 06:28 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 06:28 |
| URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/7819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
