CAHYO, SYAIFULLAH DWI (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK NAPAS DALAM DENGAN METODE PERMAINAN BALING-BALING PADA AN. M DAN AN. C DENGAN NYERI AKIBAT PEMBERIAN TERAPI MELALUI BOLUS INTRAVENA DI RSUD ARJAWINANGUN. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA.
![]() |
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text (LEMPAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text (JUDUL)
JUDUL.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Anak usia sekolah sering mengalami nyeri akibat tindakan invasif seperti pemberian terapi melalui bolus intravena. Nyeri yang tidak tertangani dengan baik dapat menimbulkan dampak fisiologis dan psikologis, seperti kecemasan, ketegangan otot, serta penolakan terhadap tindakan medis. Salah satu pendekatan nonfarmakologis yang terbukti efektif adalah teknik napas dalam dengan metode permainan baling-baling, yang menggabungkan elemen distraksi dan relaksasi untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa nyeri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi teknik napas dalam dengan metode permainan baling-baling dalam menurunkan intensitas nyeri pada anak usia sekolah selama tindakan pemberian terapi melalui bolus intravena di RSUD Arjawinangun. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek terdiri dari dua anak usia sekolah yang menjalani tindakan pemberian terapi bolus intravena selama lima hari. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi menggunakan Wong-Baker FACES Pain Rating Scale, dan dokumentasi. Intervensi teknik napas dalam dilakukan dengan cara anak meniup baling-baling selama 2–3 menit sebelum dan selama prosedur berlangsung. Hasil: Sebelum intervensi, kedua subjek melaporkan nyeri ringan dengan skala 2 dari 10. Setelah dilakukan intervensi selama lima hari, kedua subjek secara konsisten menunjukkan skala nyeri 0 (tidak nyeri). Pelaksanaan intervensi berjalan lancar dengan partisipasi aktif anak dan dukungan orang tua. Kesimpulan: Teknik napas dalam dengan metode permainan baling-baling efektif digunakan sebagai strategi nonfarmakologis dalam menurunkan intensitas nyeri pada anak usia sekolah saat menjalani tindakan invasif. Teknik ini bersifat sederhana, ekonomis, mudah diterapkan, dan dapat menjadi bagian dari praktik keperawatan anak yang holistik.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teknik Napas Dalam, Permainan Baling-Baling, Nyeri, Anak Usia Sekolah, Bolus Intravena, KTIKEP2025, KTIKEPCRB, KTICRB | ||||||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RJ Pediatrics R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services R Medicine > RT Nursing |
||||||||||||
Divisions: | Jurusan Keperawatan > D3 Keperawatan | ||||||||||||
Depositing User: | CRBP Syaifullah Dwi Cahyo | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:15 | ||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |