GAMBARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE DRILL TENTANG BATUK EFEKTIF PADA KELUARGA TN.N DAN NY.N DENGAN TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINDANGJAWA KABUPATEN CIREBON

Dewi, Silvia Regita (2025) GAMBARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE DRILL TENTANG BATUK EFEKTIF PADA KELUARGA TN.N DAN NY.N DENGAN TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINDANGJAWA KABUPATEN CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORSINALITAS)
PERYATAAN ORSINALITAS.pdf

Download (371kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (117kB)
[img] Text (JUDUL)
JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tuberkulosis paru merupakan penyakit menular yang masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat di Indonesia. Di Kabupaten Cirebon, tercatat 8. 238 kasus pada tahun 2023, termasuk di wilayah kerja Puskesmas Sindangjawa. Salah satu upaya non-farmakologis yang kunci dalam mendukung penyembuhan adalah pelatihan teknik batuk yang efektif untuk membantu mengeluarkan dahak. Metode drill dianggap sebagai cara edukasi yang mudah dan efisien untuk meningkatkan keterampilan ini di Tingkat keluarga. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pendidikan kesehatan metode drill dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan keluarga pasien TB Paru terkait batuk efektif. Metodologi Penelitian: Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus yang melibatkan dua keluarga yang memiliki anggota penderita TB paru. Pendidikan kesehatan diberikan selama lima hari berturut-turut menggunakan metode drill dan dievaluasi dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil: menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua keluarga, dengan pengetahuan yang sebelumnya kurang menjadi sangat baik, sikap yang menunjukkan semangat dalam mendukung, dan keterampilan batuk efektif yang meningkat setiap harinya. Meskipun terdapat beberapa tantangan seperti lingkungan yang kurang mendukung, pelaksanaan metode drill tetap berjalan efektif dan diterima dengan baik oleh keluarga. Kesimpulan: menunjukkan bahwa metode drill adalah pendekatan pendidikan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan, sikap dan keterampilan batuk efektif pada pasien TB paru. Saran: diharapkan klien dan keluarga dapat melanjutkan latihan batuk efektif secara mandiri di rumah secara rutin dan konsisten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDRohmana, OmayUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDYahya, Syarif ZenUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KESEHATAN, METODE DRILL, BATUK EFEKTIF, UBERKULOSIS PARU, KTIKEP2025, KTIKEPCRB, KTICRB
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > D3 Keperawatan
Depositing User: CRBP Silvia Regita Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:55
Last Modified: 21 Jul 2025 06:55
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6561

Actions (login required)

View Item View Item