Hubungan Kualitas Layanan Aplikasi Mobile JKN pada Fitur Pendaftaran Pelayanan Antrean terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon

RAMADHANI, REVALINA (2025) Hubungan Kualitas Layanan Aplikasi Mobile JKN pada Fitur Pendaftaran Pelayanan Antrean terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

This is the latest version of this item.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (479kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
JUDUL KTI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Mobile JKN merupakan aplikasi digital yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam mengakses layanan kesehatan secara mandiri, salah satunya melalui fitur pendaftaran pelayanan antrean atau pendaftaran online. Meski menawarkan kemudahan, masih sering ditemukan ulasan kendala pemakaian yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna. Di Puskesmas Mundu, peningkatan jumlah kunjungan mendorong penggunaan aplikasi ini sebagai sarana pendaftaran. Namun, diketahui belum pasti apakah kualitas layanan fitur tersebut berkaitan dengan tingkat kepuasan pasien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan fitur pendaftaran Mobile JKN dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, yang dilakukan pada bulan Maret 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS yang mendaftar ke Puskesmas Mundu melalui fitur pendaftaran pada aplikasi Mobile JKN, dengan jumlah sebanyak 148 orang dan sampel nya berjumlah 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert 1-4 kemudian dianalisis menggunakan uji Chi Square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai kualitas layanan aplikasi dalam kategori baik (66,7%) dan merasa puas terhadap layanan tersebut (73,3%). Analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square menghasilkan nilai p-value sebesar 0,001 yang dimana α < 0,05. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan fitur pendaftaran pelayanan antrean dengan kepuasan pasien BPJS. Kata Kunci : Kualitas layanan, Kepuasan Pasien, Mobile JKN, Pendaftaran Pelayanan Antrean. Daftar Pustaka : 48 (2008-2024).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSUBIANTO, TOTOK4018076901totok.subyan@gmail.com
UNSPECIFIEDELFI, ELFI4005047301elfirosse2@gmail.com
UNSPECIFIEDKARMANTO, BAMBANG4021046302bambangkarmanto@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, Kepuasan Pasien, Mobile JKN, Pendaftaran Pelayanan Antrean. ktirmik2025,rmikcrb
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRBR Revalina Ramadhani
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:23
Last Modified: 03 Jul 2025 02:45
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6044

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item