RAMADHANI, REVALINA (2025) Hubungan Kualitas Layanan Aplikasi Mobile JKN pada Fitur Pendaftaran Pelayanan Antrean terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (HALAMAN JUDUL)
JUDUL KTI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
![]() |
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
![]() |
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Mobile JKN merupakan aplikasi digital yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam mengakses layanan kesehatan secara mandiri, salah satunya melalui fitur pendaftaran pelayanan antrean atau pendaftaran online. Meski menawarkan kemudahan, masih sering ditemukan ulasan kendala pemakaian yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna. Di Puskesmas Mundu, peningkatan jumlah kunjungan mendorong penggunaan aplikasi ini sebagai sarana pendaftaran. Namun, diketahui belum pasti apakah kualitas layanan fitur tersebut berkaitan dengan tingkat kepuasan pasien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan fitur pendaftaran Mobile JKN dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, yang dilakukan pada bulan Maret 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS yang mendaftar ke Puskesmas Mundu melalui fitur pendaftaran pada aplikasi Mobile JKN, dengan jumlah sebanyak 148 orang dan sampel nya berjumlah 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert 1-4 kemudian dianalisis menggunakan uji Chi Square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai kualitas layanan aplikasi dalam kategori baik (66,7%) dan merasa puas terhadap layanan tersebut (73,3%). Analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square menghasilkan nilai p-value sebesar 0,001 yang dimana α < 0,05. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan fitur pendaftaran pelayanan antrean dengan kepuasan pasien BPJS. Kata Kunci : Kualitas layanan, Kepuasan Pasien, Mobile JKN, Pendaftaran Pelayanan Antrean. Daftar Pustaka : 48 (2008-2024).
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas layanan, Kepuasan Pasien, Mobile JKN, Pendaftaran Pelayanan Antrean. ktirmik2025,rmikcrb | ||||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) T Technology > T Technology (General) |
||||||||||||||||
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan | ||||||||||||||||
Depositing User: | CRBR Revalina Ramadhani | ||||||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:23 | ||||||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:45 | ||||||||||||||||
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6044 |
Available Versions of this Item
-
Hubungan Kualitas Layanan Aplikasi Mobile JKN pada Fitur Pendaftaran Pelayanan Antrean terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon. (deposited 02 Jul 2025 07:31)
- Hubungan Kualitas Layanan Aplikasi Mobile JKN pada Fitur Pendaftaran Pelayanan Antrean terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon. (deposited 03 Jul 2025 01:23) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |