GAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD KHZ MUSTHAFA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2025

Pepi Safira Dewi, Pepi (2025) GAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD KHZ MUSTHAFA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2025. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text
Halaman Orisinalitas Hasil KTI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Hasil KTI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Hasil KTI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumah Sakit merupakan salah satu unit pelayanan publik yang menyediakan berbagai pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS). Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat menentukan kualitas layanan Rumah Sakit atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. RSUD KHZ Musthafa menjadi Rumah Sakit rujukan utama milik pemerintah daerah di Kabupaten Tasikmalaya yang menyediakan berbagai jenis pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa IFRS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang menerima pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa dengan jumlah populasi sebanyak 85.343 responden. Metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data yang akan diuji yaitu variabel univariat. Berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 berdasarkan dimensi bukti fisik memiliki nilai IKM unit pelayanan sebesar 80,77 (baik), dimensi kehandalan sebesar 80,27 (baik), dimensi daya tanggap sebesar 80,22 (baik), dimensi jaminan sebesar 84,12 (baik) dan dimensi empati sebesar 78,85 (baik). Tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai IKM unit pelayanan 80,67. Kata kunci: Rumah Sakit merupakan salah satu unit pelayanan publik yang menyediakan berbagai pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS). Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat menentukan kualitas layanan Rumah Sakit atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. RSUD KHZ Musthafa menjadi Rumah Sakit rujukan utama milik pemerintah daerah di Kabupaten Tasikmalaya yang menyediakan berbagai jenis pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa IFRS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang menerima pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa dengan jumlah populasi sebanyak 85.343 responden. Metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data yang akan diuji yaitu variabel univariat. Berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 berdasarkan dimensi bukti fisik memiliki nilai IKM unit pelayanan sebesar 80,77 (baik), dimensi kehandalan sebesar 80,27 (baik), dimensi daya tanggap sebesar 80,22 (baik), dimensi jaminan sebesar 84,12 (baik) dan dimensi empati sebesar 78,85 (baik). Tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai IKM unit pelayanan 80,67. Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, RSUD KHZ Musthafa. Rumah Sakit merupakan salah satu unit pelayanan publik yang menyediakan berbagai pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS). Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat menentukan kualitas layanan Rumah Sakit atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. RSUD KHZ Musthafa menjadi Rumah Sakit rujukan utama milik pemerintah daerah di Kabupaten Tasikmalaya yang menyediakan berbagai jenis pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa IFRS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang menerima pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa dengan jumlah populasi sebanyak 85.343 responden. Metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data yang akan diuji yaitu variabel univariat. Berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 berdasarkan dimensi bukti fisik memiliki nilai IKM unit pelayanan sebesar 80,77 (baik), dimensi kehandalan sebesar 80,27 (baik), dimensi daya tanggap sebesar 80,22 (baik), dimensi jaminan sebesar 84,12 (baik) dan dimensi empati sebesar 78,85 (baik). Tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai IKM unit pelayanan 80,67. Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, RSUD KHZ Musthafa. Rumah Sakit merupakan salah satu unit pelayanan publik yang menyediakan berbagai pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS). Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat menentukan kualitas layanan Rumah Sakit atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. RSUD KHZ Musthafa menjadi Rumah Sakit rujukan utama milik pemerintah daerah di Kabupaten Tasikmalaya yang menyediakan berbagai jenis pelayanan kesehatan termasuk fasilitas pelayanan penunjang berupa IFRS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang menerima pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa dengan jumlah populasi sebanyak 85.343 responden. Metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data yang akan diuji yaitu variabel univariat. Berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 berdasarkan dimensi bukti fisik memiliki nilai IKM unit pelayanan sebesar 80,77 (baik), dimensi kehandalan sebesar 80,27 (baik), dimensi daya tanggap sebesar 80,22 (baik), dimensi jaminan sebesar 84,12 (baik) dan dimensi empati sebesar 78,85 (baik). Tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD KHZ Musthafa Kabupaten Tasikmalaya tahun 2025 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai IKM unit pelayanan 80,67. Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, RSUD KHZ Musthafa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, RSUD KHZ Musthafa.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Mhs Pepi Safira Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:09
Last Modified: 28 Jul 2025 03:09
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item