HUBUNGAN LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KEDAWUNG TAHUN 2025

Nur Arafah, Liza (2025) HUBUNGAN LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KEDAWUNG TAHUN 2025. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (163kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (192kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
JUDUL.pdf

Download (570kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Waktu tunggu merupakan masalah yang sering dijumpai di pelayanan kesehatan dan menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kepuasan pasien. Waktu tunggu yang lama menimbulkan ketidakpuasan, sedangkan waktu tunggu yang cepat meningkatkan kenyamanan pasien. Kondisi ini menunjukkan bahwa waktu tunggu berperan penting dalam persepsi kualitas pelayanan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Puskesmas Kedawung terkait waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara lama waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kedawung. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini terdiri dari 96 pasien yang menerima pelayanan rawat jalan. Teknik sampling menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square. Hasil Penelitian : Waktu tunggu pelayanan rawat jalan yang sesuai SPM (≤ 60 menit) sebanyak 76 pasien (79,2%). Kepuasan pasien sebesar 52 pasien (54,2%) menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan. Hasil uji statistik chi-Square menunjukkan nilai p = 0,001 < α (0,05) sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara lama waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kedawung. Simpulan : Waktu tunggu pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Pihak Puskesmas Kedawung harus dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan waktu tunggu dan dimensi mutu kepuasan pasien. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Rawat Jalan, Kepuasan Pasien. Daftar Pustaka : 40 (2020-2025)

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSUBIANTO, TOTOKUNSPECIFIEDtotok.subyan@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Waiting Time, Out Patient, Patient Satisfaction. ktirmik2025,rmikcrb
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: CRBR Liza Nur Arafah
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:11
Last Modified: 24 Jul 2025 03:11
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item View Item