DWIYANTI, TIA (2025) GAMBARAN KEPUASAN PENGGUNA E-PUSKESMAS MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PUSKESMAS CIBEUREUM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
![]() |
Text (PERNYATAAN ORISINILITAS)
lembar orisinilitas.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
persetujuan publikasi.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
halaman pengesahan.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text (HALAMAN JUDUL)
halaman judul.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Puskesmas Cibeureum telah menggunakan sistem E-Puskesmas sejak tahun 2016 untuk mendukung layanan di berbagai unit seperti pendaftaran, poli, UGD, dan apotek. Namun, implementasinya masih menghadapi beberapa kendala, seperti informasi yang belum lengkap dan ringkas, kurangnya responsivitas sistem, sering terjadi error saat jam sibuk, serta lemahnya keamanan data. Masalah ini berdampak pada kepuasan pengguna dan efektivitas layanan kesehatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem E-Puskesmas menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) yang meliputi lima dimensi: Isi (content), Keakuratan (accuracy), Bentuk (format), Kemudahan (ease of use), dan Ketepatan(timeliness). Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deksriptif. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh pengguna E-Puskesmas di Puskesmas Cibeureum sebanyak 59 responden, dengan teknil total sampling. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa dari kelima dimensi EUCS, sebagian besar pengguna merasa puas terhadap dimensi ease of use dan accuracy, namun masih terdapat ketidakpuasan terhadap dimensiformat. Simpulan: Secara keseluruhan, tingkat kepuasan pengguna terhadap E-Puskesmas masih perlu ditingkatkan, terutama dalam aspek tampilan (content) sistem informasi agar dapat mendukung layanan kesehatan yang lebih optimal. Dengan demikian, peningkatan pada aspek tampilan ini diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan layanan kesehatan yang lebih efisien, berkualitas, dan berorientasi pada kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Mhs Tia Dwiyanti |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:37 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:37 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |