Windiyani, Restia and Herliani, Yulia and Yuliastuti, Herni (2025) PERBANDINGAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER EDUCATION DAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DALAM PENCEGAHAN PERILAKU SEKS BEBAS DI SMA AL-HADI KOTA BANDUNG TAHUN 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf Download (219kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN RESTIA.pdf Download (257kB) |
|
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI RESTIA.pdf Download (340kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (808kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (200kB) |
|
Text
INTISARI.pdf Download (252kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR BAGAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan seks pada remaja sangatlah penting, akan tetapi hal ini masih tabu bahkan beberapa orang tua belum mengerti bagaimana cara memberikan Pendidikan seks bagi anaknya. Kurangnya Pendidikan seks pada remaja ini mengakibatkan banyak terjadinya perilaku seks menyimpang. Pendidikan Kesehatan yang efektif salah satunya dapat diberikan melalui metode peer education dan self directed learning (SDL). Peer Education merupakan metode pendekatan Pendidikan Kesehatan yang telah disesuaikan dengan tahap perkembangan remaja yang memiliki kecenderungan untuk mengadopsi informasi yang diterima dari teman sebayanya. SDL merupakan proses pembelajaran mandiri atas inisiatif sendiri tanpa bantuan orang lain untuk mencapai tujuan pembelajaran tanpa tergantung pada pengajar. Tujuan Untuk menganalisis perbandingan pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan metode peer education dan self directed learning (SDL) terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam pencegahan seks bebas. Metode : penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan desain pretest posttest two group. Teknik Sampling menggunakan total sampling yaitu 87 responden yang terbagi menjadi 2 kelompok, 44 orang pada kelompok peer education dan 43 orang pada kelompok self directed learning (SDL). Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan 4. Terdapat pengaruh yang signifikan Pendidikan Kesehatan dengan metode Peer education dan Self Directed Learning (SDL) terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam penvegahan perilaku seks bebas di SMA Al-Hadi Kota Bandung yang ditandai dengan hasil uji Wilcoxon yang sama yaitu nilai Sig. 0,000. Kesimpulan : Tidak ada perbedaan yang signifikan metode Pendidikan Kesehatan dengan Peer Education dan Self Directed Learning (SDL) terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam pencegahan perilaku seks bebas di SMA Al-Hadi Kota Bandung Tahun , yang ditandai dengan nilai signifikansi yang sama pada uji Mann Whitney U yaitu 0,000. Kata Kunci : Seks bebas, Peer Education, Self directed Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seks bebas, Peer Education, Self directed Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan |
Depositing User: | M.AJ Restia Windiyani |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 01:33 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 01:33 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5465 |
Actions (login required)
View Item |