PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STORY TELLING MENGGUNAKAN FINGER PUPPET TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-IKHLAS SITUBEET KOTA TASIKMALAYA

Alawiyah, Santi (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STORY TELLING MENGGUNAKAN FINGER PUPPET TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-IKHLAS SITUBEET KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Santi Alawiyah.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II Santi Alawiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB III Santi Alawiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB IV Santi Alawiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB V Santi Alawiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Masalah kesehatan anak menjadi prioritas pemerintahan dalam mewujudkan. generasi berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit melalui program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) salah satunya dengan cara cuci tangan pakai sabun. Kebiasaan anak melakukan cuci tangan pakai sabun tergolong rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya informasi. Cuci tangan pakai sabun belum membudaya di masyarakat termasuk anak usia pra sekolah. Untuk itu perlu sosialisasi melalui penyuluhan kesehatan salah satunya dengan metoda story telling menggunakan finger puppet. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metoda story telling menggunkan finger puppet terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun pada anak usia pra sekolah di TK Al Ikhlas Situbeet Kota Tasikmalaya. Metoda: Jenis penelitian Quasi Exsperiment dengan one group pretest-postest design. Populasi anak usia pra sekolah di TK Al Ikhlas Situbeet Kota Tasikmalaya sebanyak 30 responden. Tekhnik sampling secara total sampling. Jumlah sampel 30 responden. Hasil: Kemampuan responden cuci tangan pakai sabun dengan baik sebelum perlakuan yaitu 56,7% dan sesudah perlakuan menjadi 93,3%. Dengan uji wilcoxon didapatkan p value 0,000. Kesimpulan ada pengaruh pendidikan. kesehatan metoda story telling menggunakan finger puppet terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun pada anak usia pra sekolah di TK Al Ikhlas Situbeet Kota Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CTPS, finger puppet, Story telling
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: M.AJ Santi alawiyah
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:00
Last Modified: 07 Jan 2025 04:00
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5426

Available Versions of this Item

  • PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STORY TELLING MENGGUNAKAN FINGER PUPPET TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-IKHLAS SITUBEET KOTA TASIKMALAYA. (deposited 07 Jan 2025 04:00) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item