Pengaruh edukasi dengan media buku saku remaja tangguh terhadap pengetahuan dan keterampilan tentang sadari di ponpes darussalam

Risa Nur Fauziah, RNF (2025) Pengaruh edukasi dengan media buku saku remaja tangguh terhadap pengetahuan dan keterampilan tentang sadari di ponpes darussalam. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINILITAS)
risa orisinil.pdf

Download (384kB)
[img] Text (HAMALAN PENGESAHAN)
pengesahan risa.pdf

Download (1MB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLISH)
persetujuan publis risa.pdf

Download (777kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (878kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAS PUSTAKA)
DAFPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Edukasi perupakan suatu proses penyediaan bahwa pendidikan kesehatan adalah pengalaman belajar yang mempengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku yang ada hubungannya dengan kesehatan perseorangan atau kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh buku saku Remaja Putri Tangguh dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada santriwati usia 13-14 tahun di Pondok Pesantren Darussalam. Penelitian menggunakan desain one group pretest-posttest dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan lembar keterampilan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata pengetahuan dari 71,57 menjadi 83,04 (p < 0,05) dan keterampilan dari 38,53 menjadi 84,58 (p < 0,05). Uji Wilcoxon menunjukkan pengaruh positif intervensi buku saku terhadap peningkatan pengetahuan (Z = -7,631; p = 0,000) dan keterampilan (Z = -7,917; p = 0,000). Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku saku merupakan media edukasi yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam melakukan SADARI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Buku saku, Remaja putri, Pengetahuan, Keterampilan, SADARI
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan
Depositing User: M.AJ Risa Nur Fauziah
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:21
Last Modified: 06 Jan 2025 02:21
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item