Pengaruh ProUdy Edukasi Games terhadap Peningkatan Pengetahuan Proteksi Diri Dari Kekerasan Seksual pada Remaja Putri Penyandang Disabilitas di Kota Tasikmalaya

Mona, Amelia (2024) Pengaruh ProUdy Edukasi Games terhadap Peningkatan Pengetahuan Proteksi Diri Dari Kekerasan Seksual pada Remaja Putri Penyandang Disabilitas di Kota Tasikmalaya. Other thesis, politeknik kesehatan tasikmalaya.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (82kB)
[img] Text
HAL JUDUL.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Komnas Perempuan melaporkan bahwa jumlah perempuan dengan disabilitas intelektual yang menjadi korban kekerasan seksual terus meningkat setiap tahunnya. Beberapa studi menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh keterbatasan yang ada pada mereka serta kurangnya perhatian dari lingkungan keluarga dan sekolah terhadap kemampuan mereka untuk melindungi diri dari kekerasan seksual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perlindungan diri dari kekerasan seksual pada siswa perempuan dengan disabilitas intelektual di SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya melalui penggunaan ProUdy edukasi games dengan pendekatan yang variatif. Partisipan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria perempuan, berusia di atas 15 tahun, dan memiliki IQ antara 55-70 (disabilitas intelektual ringan). Penelitian ini adalah studi eksperimen dengan desain pre-eksperimen dan menggunakan metode one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan perlindungan diri di antara partisipan. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai p=0,000 yang berarti p<0,050. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ProUdy edukasi games memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan pengetahuan perlindungan diri partisipan terhadap kekerasan seksual, sehingga hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci: Disabilitas intelektual, kekerasan seksual, psikoedukasi seksual, perlindungan diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan
Depositing User: M D4 Mona Amelia
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:37
Last Modified: 18 Sep 2024 07:37
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item View Item