HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD WALED

Atila, Nurul Aeni (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD WALED. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Wil.Cirebon.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Latar Belakang: Keluhan dari pasien atau keluarganya merupakan salah satu indikator mutu yang berkaitan dengan kepuasan pasien. kepuasan pelanggan dapat dibentuk melalui tiga item yaitu tingkat kepuasan terhadap pelayanan secara keseluruhan (overall satisfaction), tingkat kepuasan terhadap pelayanan apabila di bandingkan dengan jasa sejenis (expectation), dan tingkat kepuasan pelanggan selama menjalin hubungan dengan perusahaan (experience). Dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien manajemen rumah sakit dapat melakukan peningkatan mutu pelayanan. Membagi dimensi kualitas pelayanan berdasarkan beberapa aspek komponen. komponen layanan tersebut kemudian dibagi menjadi lima dan dikenal dengan nama Serqual, dimana kelima dimensi menurut pasuraman dkk, meliputi, Responsiveness (cepat tanggap), Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Empathy (empati), Tangible (bukti nyata). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Waled. Metode Penelitian: Korelasional kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel 99 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil Penelitian: Hasil penilaian mutu baik lebih banyak yaitu 54 responden atau (54,5%). Hasil penilaian kepuasan pasien puas lebih banyak yaitu 57 responden atau (57,6%). Hasil analisis data dengan Uji Chi-Square diperoleh signifikasi 0,004 yang berarti bahwa 0,004 < 0,01. Didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Waled. Simpulan: Rumah sakit harus tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas mutu pelayanan di pendaftaran rawat jalan agar pasien tetap merasa puas atas pelayanan dan fasilitas yang di berikan. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pendaftaran Rawat Jalan. Daftar Pustaka : 31 (2005 - 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KTIRMIK2022
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
Depositing User: Nurul Aeni A.
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:46
Last Modified: 04 Aug 2022 07:46
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item