Atila, Nurul Aeni (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD WALED. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Wil.Cirebon.
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (176kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (221kB) |
|
Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (23kB) |
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (145kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
Abstract
Latar Belakang: Keluhan dari pasien atau keluarganya merupakan salah satu indikator mutu yang berkaitan dengan kepuasan pasien. kepuasan pelanggan dapat dibentuk melalui tiga item yaitu tingkat kepuasan terhadap pelayanan secara keseluruhan (overall satisfaction), tingkat kepuasan terhadap pelayanan apabila di bandingkan dengan jasa sejenis (expectation), dan tingkat kepuasan pelanggan selama menjalin hubungan dengan perusahaan (experience). Dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien manajemen rumah sakit dapat melakukan peningkatan mutu pelayanan. Membagi dimensi kualitas pelayanan berdasarkan beberapa aspek komponen. komponen layanan tersebut kemudian dibagi menjadi lima dan dikenal dengan nama Serqual, dimana kelima dimensi menurut pasuraman dkk, meliputi, Responsiveness (cepat tanggap), Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Empathy (empati), Tangible (bukti nyata). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Waled. Metode Penelitian: Korelasional kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel 99 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil Penelitian: Hasil penilaian mutu baik lebih banyak yaitu 54 responden atau (54,5%). Hasil penilaian kepuasan pasien puas lebih banyak yaitu 57 responden atau (57,6%). Hasil analisis data dengan Uji Chi-Square diperoleh signifikasi 0,004 yang berarti bahwa 0,004 < 0,01. Didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Waled. Simpulan: Rumah sakit harus tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas mutu pelayanan di pendaftaran rawat jalan agar pasien tetap merasa puas atas pelayanan dan fasilitas yang di berikan. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pendaftaran Rawat Jalan. Daftar Pustaka : 31 (2005 - 2021)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KTIRMIK2022 |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Nurul Aeni A. |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 07:46 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 07:46 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/463 |
Actions (login required)
View Item |