Pengaruh Art Therapy Melalui Buku “Coret Saja Buku Ini” Terhadap Rerata Skor Kecemasan Akademik Belajar Pada Siswi Kelas XI di SMAN 6 Tasikmalaya

Adhe Marsanda, Diva (2024) Pengaruh Art Therapy Melalui Buku “Coret Saja Buku Ini” Terhadap Rerata Skor Kecemasan Akademik Belajar Pada Siswi Kelas XI di SMAN 6 Tasikmalaya. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text
LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang: Kecemasan merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya rasa tidak nyaman, gelisah, dan rasa takut terhadap suatu hal yang akan terjadi atau bahkan yang belum terjadi. Gangguan kecemasan paling sering terjadi dan banyak dialami pada kalangan remaja dengan rentang usia 10-18 tahun. Terdapat beberapa hal yang dapat dapat diketahui pada gangguan kecemasan yaitu faktor yang mempengaruhi, tingkat kecemasan, jenis-jenis kecemasan, manifestasi klinik, dan pengukuran tingkat kecemasan. Adapun banyaknya permasalahan yang dialami remaja berhubungan dengan kecemasan akademik. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan salah satu teknik distraksi melalui kegiatan seni atau art therapy melalui coret saja buku ini. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Art Therapy melalui buku “Coret Saja Buku Ini” terhadap rerata skor kecemasan akademik belajar. Metode: penelitian ini menggunakan metode quasi-exsperimental dengan pre test-post test with control design. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah skala HARS. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probability sampling berupa purposive sampling, terdiri dari 20 responden untuk kelompok intervensi dan kontrol. Kegiatan art therapy ini dilakukan setiap hari selama 2 minggu dalam 3 kali kunjungan. Uji statistik yang digunakan uji t dependent dan uji t independent. Hasil: pemberian perlakuan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol pada penelitian ini mengalami perubahan yang signifikan terhadap rerata skor kecemasan. Didapatkan hasil rerata pada kelompok intervensi sebesar 33,80 dan menurun menjadi 15,90 (p value 0,001). Kemudian, pada kelompok kontrol didapatkan sebesar 29,20 menjadi 18,45 (p value 0,001). Selisih rata-rata skor kecemasan pada kelompok intervensi yang diberikan art therapy ini mengalami penurunan lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: uji analisa p-value <0,05 yang menunjukkan bahwa pemberian art therapy efektif dalam mengatasi gangguan kecemasan. Saran: kegiatan terapi seni (art therapy) ini menjadi salah satu cara alternatif yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menyalurkan emosi yang tidak bisa diungkapkan dan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan kecemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Art therapy, Kecemasan akademik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Diva Adhe Marsanda
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:55
Last Modified: 21 Aug 2024 02:55
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item