Rahayu, Dhini (2024) HUBUNGAN MUTU LAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN FINGERPRINT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD ARJAWINANGUN TAHUN 2024. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.
Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
PERNYATAAN ORISINALITAS .pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text (PESRSETUJUAN PUBLIKASI)
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text (JUDUL-DAFTAR LAMPIRAN)
JUDUL.pdf Download (302kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pendaftaran rawat jalan pada rumah sakit umumnya akan menerima pasien BPJS maupun Non BPJS. RSUD maupun Rumah Sakit Swasta sudah mulai menerapkan pendaftaran berupa fingerprint untuk verifikasi identitas bagi pasien yang menggunakan BPJS. Pendaftaran berbasis fingerprint merupakan salah satu pengembangan dari BPJS untuk pasien yang ingin melakukan pengobatan di sebuah Rumah Sakit. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui adanya hubungan antara mutu layanan pendaftaran menggunakan fingerprint dengan kepuasan pasien BPJS di RSUD Arjawinangun. Metode Penelitian: Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Sampel yang digunakan adalah pasien rawat jalan BPJS dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan dua metode yaitu analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil Penelitian: Sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan berjumlah 99 orang melalui perhitungan slovin. Melalui hasil kuesioner didapatkan yang menilai bermutu sebesar 46,5% dan kurang bermutu 53,5%. Sementara yang menilai puas sebesar 41,5% dan kurang puas sebesar 58,5%. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai ρ value sebesar 0,000 < α =0,05 dengan demikian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan. Kesimpulan: Didapatkan hubungan mutu layanan pendaftaran rawat jalan menggunakan fingerprint dengan kepuasan pasien BPJS di RSUD Arjawinangun dengan nilai ρ value 0,000 < α =0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Mutu layanan di Rumah Sakit perlu ditingkatkan lagi, karena jika mutu layanan baik maka pasien akan merasa puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu layanan, kepuasan pasien, pendaftaran rawat jalan, sistem pendaftaran, fingerprint, KTIRMIK2024 |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan RMIK > D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan |
Depositing User: | CRB DHINI RAHAYU |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 08:48 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:48 |
URI: | http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/4037 |
Actions (login required)
View Item |