IMPLEMENTASI CUCI TANGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN DEFISIT PENGETAHUAN DI SDN 5 ARJAWINANGUN

Maulana, Duta Alpindra (2024) IMPLEMENTASI CUCI TANGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN DEFISIT PENGETAHUAN DI SDN 5 ARJAWINANGUN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN TASIKMALAYA.

[img] Text (PERNYATAAN ORISINALITAS)
1. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (146kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (192kB)
[img] Text (JUDUL)
4. JUDUL.pdf

Download (494kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
5. BAB I PENDAHULUAB.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
6. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
7. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
8. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
9. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang anak-anak memiliki kebutuhan yang berkembang sesuai usia, seperti diatur dalam UU No. 35/2014. Bermain di luar rumah meningkatkan risiko penyakit karena kurangnya kebersihan, membuat anak usia sekolah rentan terhadap penyakit seperti diare akibat kurangnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti mencuci tangan. Edukasi mencuci tangan dengan metode bernyanyi efektif meningkatkan kebiasaan mencuci tangan dan mendukung perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode bermain terhadap pengetahuan dan keterampilan mencuci tangan pada anak usia sekolah di SDN 5 Arjawinangun menggunakan Metode deskriptif komparatif dalam bentuk studi kasus digunakan untuk menganalisa secara mendalam mengenai tingkat pengetahuan dan keterampilan cuci tangan pada anak usia sekolah. Hasil Subyek terdiri dari 2 anak usia sekolah. Klien pertama mendapat nilai 80 poin pada tes tulis awal, sementara klien kedua mendapat 70 poin. Setelah edukasi cuci tangan, keduanya meningkat menjadi 100 poin pada tes berikutnya. Kedua klien mempraktikkan 10 tahapan cuci tangan dengan 6 langkah. Pada hari pertama, keduanya mendapat 75 poin, naik menjadi 80 poin pada hari berikutnya, dan mencapai 90 poin pada hari terakhir.. Kesimpulan edukasi mencuci tangan dengan bernyanyi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mencuci tangan pada anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cuci Tangan, Anak Usia Sekolah, Metode Bernyanyi, KTIKEP2024
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > D3 Keperawatan
Depositing User: CRBN DUTA ALPINDRA MAULANA
Date Deposited: 23 Jun 2024 08:26
Last Modified: 23 Jun 2024 08:31
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item