PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA POP-UP BOOK DIGITAL TERHADAP SKOR RERATA PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN GASTRITIS PADA SISWA KELAS XI MAN 2 TASIKMALAYA

Rulistiyani, Anggie (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA POP-UP BOOK DIGITAL TERHADAP SKOR RERATA PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN GASTRITIS PADA SISWA KELAS XI MAN 2 TASIKMALAYA. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ORISINALITAS.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (479kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses penyampaian informasi yang belum maksimal dikalangan remaja menyebabkan kurangnya pemahaman mengenai kesehatan terutama tentang pencegahan penyakit gastritis. Remaja middle adolescene (16-18 tahun) menjadi generasi teknologi yang tidak lepas dari alat digital. Sehingga diperlukan media yang sesuai untuk mendukung proses penyampaian informasi kesehatan yang efektif. Salah satunya dengan pop-up book digital sebagai media pendidikan kesehatan audiovisual dalam bentuk tiga dimensi yang memanfaatkan indera penglihatan dan pendengaran untuk meningkatkan daya tangkap seseorang yang dapat diterapkan pada remaja untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan. Pesan yang ditangkap dari media pop-up book digital menjadi informasi yang bermakna sehingga lebih mudah dipahami. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media Pop-up Book Digital terhadap skor rerata pengetahuan siswa kelas XI MAN 2 Tasikmalaya mengenai pencegahan gastritis. Metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasy-eksperimental dengan control design. Populasi berjumlah 441 siswa dengan sampel berjumlah 36 responden menggunakan teknik sampling Probability Sampling dengan Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas oleh peneiti. Hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan skor rerata pengetahuan antara sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan pada kelompok intervensi (ρ value 0.000), serta terdapat perbedaan signifikan skor rerata pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan (ρ value 0.000). Penyajian media audiovisual pop-up book digital menarik perhatian remaja yang dapat membuat informasi diterima lebih mudah melalui visual dan audio. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pendidikan kesehatan dengan media pop-up book berbentuk digital menjadi media yang dapat digunakan untuk penyampaian informasi kepada remaja sebagai generasi yang tidak terlepas dari perkembangan digital . Penulis menyarankan untuk memanfaatkan media pop-up book digital untuk menyampaikan informasi kepada siswa terkait kesehatan khususnya mengenai pencegahan gastritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Pop-up Book Digital, Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > NERS
Depositing User: M D4 Anggie Ruslistiyani
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:20
Last Modified: 24 Apr 2025 02:20
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item