Pengaruh Expressive Writing Therapy Dan Relaksasi Napas Dalam Terhadap Skor Stres Dalam Penyelesaian Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Azarini, Nabila (2024) Pengaruh Expressive Writing Therapy Dan Relaksasi Napas Dalam Terhadap Skor Stres Dalam Penyelesaian Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (310kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (188kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses penyelesaian karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat akhir dalam memperoleh gelar pendidikannya seringkali menimbulkan tekanan yang menyebabkan stres. Expressive writing therapy dan relaksasi napas dalam menjadi terapi non-farmakologis yang mampu menurunkan skor stres dengan meluapkan keluh kesah emosional terkait proses penyelesaian karya tulis ilmiah melalui tulisan dan membantu mahasiswa menjadi lebih rileks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh expressive writing therapy dan relaksasi napas dalam terhadap skor stres penyelesaian karya tulis ilmiah mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Metode yang diterapkan quasi-experimental dengan pretest-posttest with control group. Lalu menggunakan instrumen berupa kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10). Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling, yang terdiri dari 18 responden untuk kelompok intervensi dan kontrol. Kelompok intervensi diberi tindakan expressive writing therapy dan relaksasi napas dalam dengan durasi 40 menit/hari selama 4 hari berturut-turut, sedangkan kelompok kontrol diberi tindakan relaksasi napas dalam dengan durasi 5-10 menit/hari selama 4 hari berturut-turut. Pelaksanaan intervensi pada kedua kelompok dilakukan oleh responden secara mandiri dan dipantau melalui grup whatsapp. Uji statistik menggunakan Dependent T-Test dan Independen T-Test. Hasilnya berupa terdapat perbedaan signifikan rerata skor stres sebelum intervensi, pada kelompok intervensi 21.94 menurun menjadi 16.56 (p-value 0.000) dan pada kelompok kontrol 21.39 menurun menjadi 19.33 (p-value 0.000). Terdapat perbedaan signifikan rerata skor stres antara kedua kelompok, dengan nilai p-value 0.024. Penelitian ini menunjukkan bahwa expressive writing therapy dan relaksasi napas dalam mampu menurunkan skor stres pada mahasiswa. Serta diharapkan hasil penelitian ini dapat diaplikasikan minimal 4 hari berturut-turut dengan durasi yang dapat disesuaikan oleh masing-masing responden agar dapat mengurangi stres yang dialami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKartilah, Tetet196907151992032002Tetetkartilah20@gmail.com
Thesis advisorKustiawan, Ridwan197504142006041007ridwankustiawan755@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Expressive Writing Therapy, Karya Tulis Ilmiah, Mahasiswa, Relaksasi Napas Dalam, Stres.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > NERS
Depositing User: M D4 Nabila Azarini
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:24
Last Modified: 24 Apr 2025 02:24
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3102

Actions (login required)

View Item View Item