Pengaruh Terapi Brain Gym Diiringi Musik Religi Terhadap Burn Out Belajar Siswa Kelas Viii Di Mts Mu’min Mashum Tasikmalaya

Nurjannah, Lulu (2024) Pengaruh Terapi Brain Gym Diiringi Musik Religi Terhadap Burn Out Belajar Siswa Kelas Viii Di Mts Mu’min Mashum Tasikmalaya. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya.

[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy

Abstract

Pada siswa, burn out belajar dapat menghambat proses pendidikan sehingga belajar tidak maksimal. Aspek dari burn out belajar diantaranya kelelahan emosional, fisik, kognitif, dan kehilangan motivasi. Terapi brain gym diiringi musik religi merupakan terapi non-farmakologi yang dapat menurunkan skor burn out dengan memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi brain gym diiringi musik religi terhadap burn out belajar siswa kelas VIII di MTS Mu’min Mashum Tasikmalaya. Metode quasy eksperimen dengan pretest-posttest with control group. Sampel pada penelitian ini adalah 15 responden untuk kelompok intervensi dan kontrol yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Uji statistik yang digunakan Dependent T-Test dan Independen T-Test. Hasil terdapat perbedaan signifikan rerata skor burn out pada kelompok intervensi, sebelum intervensi rerata skor burn out 10.07 menurun menjadi 4.73 (p-value 0,000). Sedangkan pada kelompok kontrol, skor burn out sebelum intervensi 10.87 menurun menjadi 8.53 (p-value 0,000). Terdapat perbedaan signifikan dalam rerata skor burn out antara kedua kelompok, dengan nilai p-value 0.001. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa terapi brain gym diiringi musik religi mampu menurunkan skor burn out pada siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian diharapkan pendidik dapat mengaplikasikan terapi ini untuk meningkatkan belajar siswa baik di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCahyati, Peni122327802361peni_poltekestsm@yahoo.com
Thesis advisorKusmiyati, Kusmiyati123327808302kusmiyatisetiawan21@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Brain Gym, Burn out Belajar, Musik Religi, Siswa.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > NERS
Depositing User: M D4 Lulu Nurjannah
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:33
Last Modified: 24 Apr 2025 02:33
URI: http://repo.poltekkestasikmalaya.ac.id/id/eprint/3100

Actions (login required)

View Item View Item